Hotel Bisnis di Surabaya

Stevson Sonny Widjaja(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Proyek ini merupakan sebuah hotel yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang mendukung kegiatan berbisnis seperti kantor sewa, ruang konvensi, bank, lounge dan resto, serta berbagai fasilitas hiburan seperti Fitness Centre , kolam renang, spa, pijat, karaoke,dan lain sebagainya, yang terutama ditujukan untuk para pelaku bisnis AEC ( Asean Economic Community ) yang sedang berkembang.
Lokasi tapak proyek ini berada pada kawasan CBD ( Central Business District ) kaki Jembatan Suramadu yang memang diperuntukkan bagi pertumbuhan bisnis di Kota Surabaya , sehingga di sekitar site terdapat banyak pusat perdagangan dan perkantoran. Selain itu, karena berada dekat dengan pantai Kenjeran, di sekitar lokasi tapak terdapat bebagai macam pusat wisata pantai, wisata sejarah, wisata kuliner dan sebagainya.
Rumusan masalah dari proyek ini adalah bagaimana menyediakan sebuah tempat penginapan yang dapat memenuhi kebutuhan berbisnis penginapnya, selain itu, bangunan dari proyek ini juga didesain untuk mejadi sebuah simbol atau penanda pada gerbang masuk Kota Surabaya dari Jembatan Suramadu. Oleh karena itu, pendekatan yang dipakai untuk mendesain bentukan bangunan ini adalah pendekatan simbolik, dan karena pendekatan simbolik menghasilkan sebuah bentukan yang tidak biasa, sehingga pendalaman struktur dipilih untuk menemukan solusi struktur bangunan.


Keywords


hotel, AEC, CBD, bisnis, Suramadu, Surabaya

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :