Fasilitas wisata Edukasi Pengolahan Kakao di Madiun

Merry Suharto Suharto(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Proyek ini merupakan sebuah fasilitas wisata yang mengangkat aspek pembelajaran mengenai kakao mulai dari cara pengolahannya hingga hasil produk olahan dan manfaatnya .Fasilitas pada proyek ini terdiri dari fasilitas pengolahan kakao yaitu pembelahan buah, pemerasan, fermentasi, pengeringan, sortasi, pasta coklat, dan bubuk coklat serta fasilitas non-pengolahan seperti serbaguna, galeri, taman kakao, kreasi coklat, kuliner coklat, kesehatan & kecantikan, area piknik, dan toko oleh-oleh.
Pemilihan lokasi tapak di Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, karena Madiun merupakan kota dengan kebun kakao terluas di Jawa Timur. Lokasi tapak berada di lereng gunung Wilis yang di sekitarnya terdapat berbagai fasilitas wisata serta terdapat kebun kakao di sekeliling tapak sehingga dapat menjadi elemen pendukung bagi proyek wisata yang direncanakan.
Rumusan masalah dalam proyek ini adalah menyajikan proses pengolahan kakao yang kaku menjadi sebuah pengalaman rekreasi yang tidak kaku dan tidak membosankan. Untuk dapat menjawab rumusan masalah tersebut maka digunakan pendekatan bentuk dengan alir spasial yang berbasiskan karakter ruang.


Keywords


wisata, edukasi, rekreasi, pengolahan, kakao, Kabupaten Madiun.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :