Fasilitas Pendidikan Musik Inklusif Tunanetra untuk Anak di Surabaya

Cindy Ellisse Wibisono(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Proyek ini merupakan sebuah fasilitas
pendidikan musik nonformal dengan tiga fungsi
utama, yaitu sarana institusi pendidikan (fasilitas
pendidikan professional musik untuk anak non diffabel
dan diffabel), sarana concerto (fasilitas pertunjukkan
dalam bentuk ensamble dan orchestra), dan
showroom penjualan alat-alat musik (fasilitas toko
musik yang menyediakan berbagai kebutuhan dan
accessories alat musik). Failitas ini terletak di jalan
Arief Rachman Hakim, lokasi ini berdekatan dengan
Yayasan Pendidikan Anak-Anak Buta (YPAB).
Lembaga ini akan menggunakan 2 gabungan
kurikulum, dari Yamaha Music School dan standar
kompetensi pelajaran seni musik di Yayasan
Pendidikan Anak-Anak Buta (YPAB). Proyek ini
dilatarbelakangi oleh kesadaran musik sebagai
pendidikan dan potensi karir professional terutama
bagi anak-anak tunanetra. Adanya suatu pemahaman
bahwa anak tunanetra memiliki peranan yang kuat
dalam bermain musik, karena daya ingat, intuisi, dan
kepekaannya. Bermain musik mampu membantu
anak-anak dalam pengolahan rasa serta keindahan,
meningkatkan rasa percaya diri dan berorientasi
dengan lingkungan sekitar.


Keywords


peran musik, pendidikan inklusif, Diffabel, anak-anak tunanetra

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :