Studi Komposisi Pada Fasad Bangunan Pendidikan Menurut Teori F.D.K. Ching Kasus Studi di Kecamatan Sukolilo, Surabaya

Irene A Amanda(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Bangunan pendidikan di Indonesia merupakan bangunan dengan fungsional. Hal ini terlihat dari fasad bangunan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan teori komposisi F.D.K. Ching pada bangunan pendidikan di Kecamatan Sukolilo, Surabaya. Kajian ini bersifat kualitatif dengan metode eksploratif dengan pendokumentasian fasad bangunan dan penggambaran ulang. Kemudian analisa dilakukan berdasarkan 6 prinsip teori F.D.K. Ching yaitu sumbu, simetri, hirarki, irama, datum, dan transformasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar dari kesembilan bangunan pendidikan yang diteliti menerapkan keenam prinsip tersebut. Di sisi lain, bangunan lainnya kurang menerapkan enam prinsip secara menyeluruh.

Keywords


fasad, bangunan pendidikan, sekolah dasar, komposisi, Sukolilo, Surabaya

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :