Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar Buddha di Denpasar, Bali

Dwiki Pradipta Sinarta(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Desain Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar di
Denpasar, Bali ini didasari oleh pemikiran kondisi infrastruktur
sekolah yang ada saat ini yang kurang memadai dan juga
belum adanya fasilitas khusus bagi umat yang beragama
Buddha, sehingga masalah desain utama adalah bagaimana
menciptakan sekolah yang sesuai dengan standar yang telah
ditetapkan pemerintah dengan tambahan fasilitas bagi umat
beragama Buddha. Selain itu, untuk merespon kegiatan yang
ada, proyek ini memberikan ruang terbuka hijau yang cukup
besar sehingga pengguna dapat bermain dengan leluasa di
kawasan sekolah ini. Pendekatan Semiotik dipilih untuk
menciptakan kawasan pendidikan dasar yang memiliki nilai
agama Buddha.
Keunikan proyek ini ada pada zoning pada setiap
bangunannya. Setiap bangunan memiliki fungsi yang
berbeda dan juga pengguna yang berbeda juga, tetapi
terdapat satu bangunan yang dimana menjadi tempat
berkumpulnya segala perbedaan tersebut seperti ajaran
dalam Agama Buddha dimana Sang Buddha menjadi guru
dari semua makhluk baik dewa dan manusia. Bangunan
tersebut menjadi pusat yang mengikat setiap bangunan yang
ada. Setiap bangunan Taman Kanak-kanak dan juga Sekolah
Dasar memiliki drop off sendiri sehingga memudahkan bagi
orang tua dalam mengantarkan anaknya. Pembagian parkir
antara guru dan juga orang tua murid memudahkan dalam
pengaturan sirkulasi dan pembagian parkir kendaraan.


Keywords


Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Denpasar, Bali, Buddha, Pendidikan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :