Fasilitas Eduwisata Akuaponik di Denpasar

Yoszy Aldo ondayana(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Fasilitas Eduwisata Akuaponik, merupakan sebuah fasilitas yang dapat mendukung program pemerintah untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap pertanian less soil. Fasilitas ini menyediakan area market dan retail, perkebunan akuaponik ( perkebunan hidroponik, kolam ikan), tempat pelatihan dan wisata, serta dilengkapi energy solar panel.
Sasaran dari fasilitas ini adalah ibu PKK dan warga setempat, orang dengan pola hidup sehat, dan tourist. Sehingga pemlihan lahan di Sanur adalah sebuah kawasan yang mencakup ke 3 aspek tersebut. metode reinventing tradition dipilih untuk meciptakan fasilitas modern yang dapat di terima oleh warga setempat yang kental akan adat istiadat setempat dan para tourist yang ingin berkunjung ke pulau dewata. Konsep vernacular yang digunakan adalah Tri Angga (penzonaan tata ruang arstiktur Bali) sebagai konsep bangunan yang di dukung pendalaman utilitas agar tanaman dapat tumbuh dengan baik.


Keywords


Eduwisata akuaponik, Denpasar, Bali, akuponik, hidroponik, akuakultur, solar energy, Tri Angga, arsitektur vernakular, less soil, urban farming.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :