Fasilitas Edukasi Kreatif Anak Yatim Piatu di Surabaya

Christina Christina Christina(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Desain Fasilitas Edukasi Kreatif Anak Yatim Piatu di Surabaya ini didasari oleh pemikiran kondisi perkembangan anak yatim piatu, khususnya di panti asuhan saat ini yang kurang memadai, sehingga masalah desain utama adalah bagaimana menciptakan sebuah wadah yang dapat mendukung kebutuhan edukasi dan ketrampilan mereka bagi masa depan mereka kelak. Selain itu, untuk merespon kebutuhan pendekatan desain yang digunakan adalah arsitektur perilaku dengan prinsip teori teritori yaitu, teritori primer, teritori sekunder, dan teritori publik. Kemudian, pendalaman karakter ruang dipilih untuk mencermati penyelesaian kebutuhan ruang berbeda-beda sesuai dengan aktivitasnya.
Keunikan proyek ini ada pada karakter tatanan massa yang dihasilkan. Tidak seperti fasilitas panti asuhan yang cenderung tertutup, sebuah desain baru wadah edukasi yang memperhatikan interaksi sosial antara anak yatim piatu yang membantu perkembangan karakter mereka untuk menjadi pribadi yang lebih aktif dan positif. Desain fasilitas berupa beberapa tatanan massa grid yang mewadahi setiap jenis fasilitas memungkinkan untuk mengasah bakat ketrampilan mereka lebih spesifik serta secara tidak langsung memberikan area teritori tertentu yang sesuai dengan jenis fasilitasnya. Selain itu, meminimalisir penggunaan pembatas yang solid juga bertujuan agar terjadinya proses interaksi di dalam ruang yang lebih intensive.


Keywords


Failitas Edukasi, Kreatif, anak Yatim Piatu, Anak Panti Asuhan, Surabaya, Interaksi Sosial, Arsitektur Perilaku, Teritori

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :