Fasilitas Taman Edukasi Sains di Kediri

Nicholas Putra Mahendra(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Fasilitas Taman Edukasi Sains di Kediri ini didasari oleh pemikiran kondisi pembelajaran anak SD dan SMP yang tidak seimbang antara teori dan praktik terutama pembelajaran "sains", serta fasilitas yang kurang memadai. Sehingga masalah desain utama adalah bagaimana menciptakan sistem sirkulasi dan alur yang jelas dan terarahkan untuk membuat pengujung melihat, bermain, dan sekaligus belajar. Selain itu, untuk merespon kebutuhan skitar tapak, proyek ini juga mengangkat masalah desain khusus yaitu bagaimana membentuk ruang sosial serta membentuk ruang void dan hijau. Fasilitas ini terdiri dari Rumah Biologi, Rumah Fisika, Rumah Kimia, Lobby, Komersial, dan Servis. Pendekatan desain yang digunakan adalah sistem sirkulasi dengan pendalaman sequence dipilih untuk menciptakan sirkulasi yang berbeda-beda sesuai dengan alur utama yang dituju. Proyek ini memiliki keunikan pada sistem sirkulasinya. Tidak seperti tempat edukasi lain, sirkulasi pada taman edukasi sains ini memperhatikan keinginan anak yang menjadi solusi utama pada masalah yang ada pada pembelajaran. Taman Edukasi Sains didesain dengan alur dan lantai-lantai split level yang dihubungkan edngan ramp, dengan alur linear dari awal sampai akhir site. Selain itu, kebutuhan akan kapasitas parkir juga diwadahi dengan parkir mobil, motor, dan bus.

Keywords


Taman Edukasi, Sains di Kediri, Ruang Luar, Beralur, Interaksi sosial, Eduwisata

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :