Rusun Nelayan Kejawan Lor di Surabaya

Daniel Daniel Daniel(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Rusun Nelayan Kejawan Lor di Surabaya merupakan permukiman vertikal yang dapat menjadi solusi bagi permasalahan permukiman di kampung nelayan Kejawan Lor Surabaya, serta dapat mendukung rencana pengembangan pariwisata kawasan Kenjeran. Permukiman vertikal ini secara garis besar memiliki dua fungsi, yaitu tempat tinggal, serta fasilitas umum dan eduwisata, untuk mendukung penghuni, yang merupakan nelayan dan pengolah ikan, dan juga pengunjung wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.
Pendekatan vernakular modern digunakan untuk mendapatkan solusi permukiman vertikal baru yang sesuai dengan kebiasaan hidup penduduk nelayan eksisting, dengan konsep “vernacular contextual growable vertical housing” yang dapat mengakomodasi penghuni untuk mengembangkan hunian mereka. Pendalaman karakter ruang kemudian digunakan untuk memperkaya aspek incremental, fleksibilitas ruang, pemilihan material, serta pencahayaan dan penghawaan alami pada desain bangunan.


Keywords


Rumah Susun, Permukiman vertikal, Kampung Nelayan, Pariwisata, Kenjeran, Vernakular modern, Inkremental, Kampung Vertikal

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :