Fasilitas Eduwisata Lego House di Surabaya

Martin Klemens Gooeir(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Fasilitas Eduwisata Lego House di Surabaya merupakan
fasilitas yang mengakomodasi kegiatan belajar melalui
metode yang menyenangkan, yaitu Lego Bricks sebagai
sarananya. Pada era sekarang ini, gadget sudah menjadi
kebutuhan pokok bagi semua orang, bahkan anak – anak.
Anak – anak menjadi terikat pada gadget dan cenderung
menjadi kurang aktif dalam bergerak dan bermain. Melalui
fasilitas ini, diharapkan anak – anak menjadi memiliki sarana
belajar yang menyenangkan dan tidak mudah jenuh ketika
belajar (Elkonin, 1978). Selain itu, Surabaya sebagai kota
Metropolitan terbesar kedua di Indonesia, dinilai masih
belum memiliki destinasi wisata yang juga dapat dijadikan
sebagai sarana edukasi. Padahal, Surabaya memiliki
predikat sebagai Kota Layak Anak dengan penghargaan
Utama di Indonesia. Hal tersebut yang mendasari
didesainnya fasilitas ini. Fasilitas ini akan dilengkapi dengan
fasilitas bermain yang dibagi ke dalam 4 aspek, yaitu
kreativitas bebas, kognitif, emosi / perasaan, serta karakter /
peran. Selain itu juga akan dilengkapi dengan kafe, restoran,
serta ruang rapat / forum yang disewakan.
Pendekatan simbolik digunakan untuk merepresentasikan
bentukan dari Lego Bricks kepada pengunjung yang akan
datang, sehingga pengunjung dapat merasakan keberadaan
bangunan sebagai Lego Bricks dalam skala manusia.
Kemudian, pendalaman struktur yang dapat dibongkar -
pasang digunakan untuk merepresentasikan sifat Lego yang
dapat dibongkar – pasang, dan menghasilkan susunan
massa yang baru.


Keywords


Gadget, Lego Bricks, Bongkar - Pasang, Kota Layak Anak, Surabaya.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :