Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar Kristen di Surabaya

Felicia Nathania Nathania(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar Kristen di Surabaya merupakan fasilitas pendidikan formal yang mewadahi siswa TK dan SD yang menggunakan basis kurikulum nasional dengan kombinasi prinsip metode pembelajaran dari teori Multiple Intelligences; serta menerapkan pelajaran Character Building sebagai dasar kurikulum Kristiani. Sekolah ini memberikan wadah bagi anak-anak untuk bertumbuh dengan mengoptimalkan potensi yang dimiliki tiap pribadi baik secara fisik, kognitif, emosi, sosial dan spiritual.
Proyek ini juga memperkenalkan metode Multiple Intelligences kepada masyarakat di Surabaya bahwa tiap kecerdasan memiliki cara belajar yang berbeda. Metode ini memiliki prinsip pembelajaran yang berpusat pada tiap kecerdasan anak supaya anak mempunyai lingkungan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar anak.
Pendekatan perilaku digunakan untuk memahami kebutuhan dan keunikan karakter anak TK maupun SD sebagai pengguna utama yang mempengaruhi zona ruang, suasana ruang, sirkulasi dan bentuk bangunan. Pendalaman desain diterapkan pada karakter beberapa ruang untuk mewujudkan suasana ruang yang mendukung proses pembelajaran.


Keywords


Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Multiple Intelligences, Pendidikan, Surabaya

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :