Fasilitas Wisata Kuliner Tepian Mahakam di Samarinda

Kwan Andreas Kristian(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Fasilitas Wisata Kuliner Tepian Mahakam di Samarinda merupakan suatu bentuk fasilitas yang memberikan wadah bagi kegiatan kuliner dan area rekreasi di tepian Sungai Mahakam untuk mengangkat perwisataan di tepian sungai Mahakam, Kota Samarinda,
Proyek ini terletak pada tepian Sungai Mahakam yang merupakan lahan kosong. Sumber masalah desain adalah bagaimana mendesain sebuah fasilitas kuliner.. Konsep “Riverside View Local Culinary “ diharapkan dapat mengangkat potensi kawasan tepian Sungai Mahakam Samarinda yang bisa menjadi daya tarik dalam hal view dan untuk bisa mengangkat identitas suku Dayak yang dikenal melalui rumah Lamin. Fasilitas yang tersedia seperti restoran, area foodcourt, ruang serba guna, area makan lesehan, area berkumpul , galeri, dan area pancing.
Pendekatan desainnya menggunakan pendekatan arsitektur vernakular agar tujuan mengangkat budaya Dayak dapat tercapai, sedangkan pendalaman desainnya adalah konstruksi untuk memperlihatkan keindahan dan keunikan bangunan lamin.
Diharapkan dengan proyek ini, dapat meningkatkan pariwisata di kota Samarinda dan bisa mengenalkan wisatawan dengan kebudayaan Indonesia.


Keywords


Kuliner, Rumah Lamin, Sungai Mahakam, Samarinda

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :