TAMAN KANAK-KANAK BERBASIS MONTESSORI DI SURABAYA

Cindy Natalia Natalia(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Fasilitas Taman Kanak-kanak Berbasis Montessori di Surabaya merupakan fasilitas edukasi yang berfungsi sebagai wadah untuk mengolah potensi seorang anak, mendidik serta mengoptimalkan tumbuh kembang seorang anak baik secara fisik, kognitif, sosial dan emosi. Dengan adanya permasalahan pembelajaran PAUD yang seharusnya 80 persen membangun sikap, saat ini justru fokus pada pembelajaran baca-tulis-hitung yang bersifat akademik. Selain sebagai fasilitas edukasi, proyek ini juga berfungsi untuk memperkenalkan metode Montessori kepada masyarakat di Surabaya. Kelebihan metode Montessori yaitu menekankan pada kemandirian, anak bebas memilih aktivitas yang menarik minat mereka, dan mengikuti perkembangan anak sebagai individu yang unik.
Ciri khas dari metode Montessori yaitu menggabungan anak-anak dengan usia yang berbeda-beda di kelas sehingga anak yang lebih muda dapat belajar dari anak yang lebih tua, dan anak yang lebih tua dapat memperkuat kemampuan yang telah mereka kuasai sebelumnya dengan mengajari anak yang lebih muda. Fasilitas ini terdiri dari fasilitas utama yaitu taman kanak-kanak untuk usia 18 bulan - 6 tahun dan fasilitas pendukung yaitu tempat penitipan anak untuk usia 6 bulan - 6 tahun. Pendekatan perilaku dipilih untuk membagi zoning ruang, menciptakan karakter ruang dan citra bangunan yang ramah akan anak-anak.


Keywords


Sekolah, Taman Kanak-kanak, Montessori, Surabaya.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :