Gereja dan Sekolah Teologi Reformed Injili di Surabaya

Andreas Nugroho Nugroho(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Proyek ini merupakan kompleks fasilitas religi bertajuk “Surabaya Reformed Center” untuk Gerakan Reformed Injili Indonesia, yang berisi dua fungsi utama: sebagai gereja denominasi Gereja Reformed Injili Indonesia (GRII) cabang Kota Surabaya dan fasilitas sekolah teologi non-gelar yang bernama Sekolah Teologi Reformed Injili (STRI) di Surabaya. Selain kedua fungsi utama tersebut, di kompleks ini juga terdapat fasilitas-fasilitas milik Gerakan pendukung lainnya, seperti Pusat Literatur Reformed Injili, perpustakaan Kristen, studio radio online, pastori beserta asrama, dan lain sebagainya.
Sebagai upaya untuk mendesain bangunan religi yang beridentitas, maka dilakukan pendekatan arsitektur simbolis. Kompleks ini didesain menganalogikan ‘Lima Prinsip Ketunggalan dari Reformasi’ (The 5 Solas of Reformation) yang merupakan identitas kepercayaan Kristen Reformed sayap Calvinis yang dipegang oleh Gerakan dan denominasi gereja ini.
Gereja Reformed Injjili Indonesia sebagai gereja bercorak Reformed mengutamakan penyampaian khotbah dalam kegiatan peribadatannya, sehingga perlu dirancang aula ibadah utama (sanctuary hall) yang memiliki kualitas akustika ruang dalam yang baik untuk kegiatan speech.


Keywords


Kompleks Religi, Gereja, Sekolah Teologi, Reformed Injili Indonesia, Surabaya

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :