Sekolah Menengah Nasional Plus Berbasis Kristiani di Surabaya

Rika Mandasari Mandasari(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Sekolah Menengah Nasional Plus Berbasis Kristiani di Surabaya merupakan sebuah fasilitas pendidikan formal yang mewadahi siswa SMP dan SMA berusia 11-18 tahun yang menggunakan kurikulum nasional plus, diwujudkan dalam penggunaan metode pembelajaran aktif, pasif, dan interaktif; serta menggunakan Christian Worldview sebagai dasar kurikulum kristiani.
Pendekatan metaphor intangible digunakan dalam bentuk empat bagian Christian Worldview dalam pendidikan Kristen, yaitu Mandat Penciptaan yang mewakili pengetahuan, Perintah Agung yang mewakili relasi horizontal, Amanat Agung yang mewakili relasi vertikal, dan Pemenuhan sebagai hasil dan dampak dari proses ketiga bagian tersebut.
Fasilitas yang disediakan meliputi zona pembelajaran pengetahuan (kelas, laboratorium, perpustakaan, dan ruang diskusi), zona relasi horizontal (kelas co-curricular, auditorium, cafeteria, dan ruang penerima), zona relasi vertikal (ruang doa), dan zona perwujudan komitmen (amphitheater).
Pendalaman karakter ruang dipilih untuk mewujudkan suasana ruang dalam dan ruang luar yang mendukung proses pembelajaran berdasarkan nilai kristiani, baik secara kognitif, afektif-motorik, dan spiritual.


Keywords


sekolah menengah, Christian Worldview, metaphor intangible, karakter ruang

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :