Lingkungan sebagai Ide Dasar Pemikiran dan Perancangan pada Gedung Olahraga dan Pusat Pembinaan PB. Suryanaga di Surabaya

Agnes Tanso(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK
Gedung olahraga ini merupakan pusat aktifitas pembinaan atlit PB.Suryanaga sekaligus tempat pertandingan bulutangkis nasional maupun internasional. Proyek ini dibuat untuk memfasilitasi PB. Suryanaga secara lengkap dari sisi pelatihan dan pembinaan, sekaligus memenuhi kebutuhan gedung olahraga bulutangkis bertaraf internasional yang belum ada di Surabaya.
Struktur bentang lebar menjadi permasalahan utama yang dipecahkan. Dalam proyek ini struktur bentang dirancang bukan hanya sebagai sruktur bangunan tapi juga memberi estetika pada bangunan. selain itu, Kenyamanan pengunjung merupakan standart utama yang harus terpenuhi dalam setiap gedung olahraga.
Untuk itu proyek ini dirancang agar pengunjung tertarik datang dan merasa nyaman berada di dalamnya.
Dalam perancangannya, estetika dan struktur bangunan menerapkan konsep desain yang diadopsi dari bentuk pohon yang mengelilingi tapak dan dijadikan sebagai karakteristik bangunan ini. Sehingga teori Culture Pragmatic menjadi dasar perancangan dari proyek ini.


Keywords


Kata kunci : Culture Pragmatic, gedung olahraga, pusat pembinaan PB.Suryanaga, struktur bentang lebar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :