Fasilitas Pendidikan Inklusi di Surabaya

Jessica Aprillia Koesnadinata(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan Inklusi merupakan salah satu metode pembelajaran bagi anak yang memiliki keterbatasan namun dalam proses belajar mengajarnya bergabung dengan anak normal pada umumnnya. Hal ini masih jarang ditemukana terutama di Kota Surabaya. Dengan ini, wadah pelayanan bagi anak-anak inklusi masih tergolong minim dan mengakibatkan anak-anak tersebut sulit mendapatkan fasilitas pendidikan yang aman dan nyaman karena anak inklusi cenderung rentan jika dibandingkan dengan anak seusianya. Meskipun pertumbuhan dan perkembangannya sedikit terhambat namun anak inklusi memiliki kelebihan dibidang lainnya seperti kesenian, musik, melukis, dan lainnya. Oleh karena itu, dengan hadirnya fasilitas pendidikan inklusi ini diharapkan dapat membantu masyarakat khususnya anak inklusi di Surabaya sehingga mendapatkan tempat untuk menempuh pendidikan serta
tumbuh dan berkembang dalam bakat minat dan kepribadian. Tidakhanya di Surabaya saja namun dapat menjangkau masyarakat yang berasal dari luar kota dikarenakan lokasi yang strategis berada di tengah kota dan dekat dengan jalur utama serta akses menuju segala sisi. Dalam perancangan fasilitas pendidikan terdapat terapi yang dapat membantu anak inkkusi melakukan pemulihan kesehatan. Fasilitas lainnya terdapat laboratorium, ruang kesenian, music, Lukis, dan dorm yang dapat digunakan para siswa dalam proses belajar mengajar.
Hal ini menjadi point lebih yang belum ada sebelumnya di Surabaya dimana anak dapat meningkatkan pembelajaran, kepribadian, dan bakat minat.


Keywords


Anak, Inklusi, Pendekatan, Perilaku, Sekolah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :