Fasilitas Pelatihan dan Pertandingan E-Sport di Surabaya

Marvel Yael Funata(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pertandingan esport mengalami perkembangan
yang pesat baik internasional dan nasional, jumlah
pemain esport professional juga bertambah
banyak, didominasi oleh pemuda remaja dan
sebagian besar berasal dari Jakarta, Surabaya, dan
Medan.”Fasilitas Pelatihan dan Pertandingan ESport
di Surabaya” ini didesain untuk memenuhi
kebutuhan tempat berlatih dan berdanding bagi
para pemain esport di kota Surabaya. Desain
fasiitas ini memperhitungkan efek negatif yang
dialami oleh pemain esport yang biasanya terlalu
tenggelam dalam dunia digital sampai
mempengaruhi aspek fisik dan psikologis mereka.
“ Fasilitas Pelatihan dan pertandingan E-Sport di
Surabaya” ini didesain menggunakan pendekatan
teknologi. Konsep desain “Scifi in Nature”
diterapkan antara dunia real dan dunia digital.
Secara arsitektural, fasilitas ini didesain untuk
memberikan pengalaman multisensory untuk
panca indra pengguna dengan menggabungkan
elemen teknologi dengan memasukan alam ke
dalam bangunan, membentuk ruang dalam ruang,
penggunaan skylight dengan kaca tinted
photochromatic untuk memberikan nuansa khusus,
dan juga penggunaan berbagai material lainnya
seperti, permainan material beton, GRC, kaca
tinted, lampu RGB, connection park, jembatan di
dalam antar masa yang mendukung akan terjadi
dunia esport yang di desain baik luar maupun
dalam yang memberikan nuansa kompetitif akan
pengguna bangunan yang masuk dan menikmati
“Fasilitas Perlatihan dan Pertandingan E-Sport di
Surabaya.”


Keywords


Esport, immersive, multisensory, Sci- Fi, technology

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :