Fasilitas Pelatihan Bahasa Inggris Berbasis Komunitas di Surabaya

Teresa Wongso(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa
dengan penutur terbanyak di dunia.Oleh sebab itu,
kemampuan berbahasa inggris sudah menjadi
suatu kebutuhan, dimana banyak Pendidikan dan
pekerjaan yang memerlukan kecakapan
Berbahasa Inggris. Namun, rata-rata kecakapan
berbahasa inggris rakyat Indonesia masih kurang
dikarenakan minimnya penerapan dalam
kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu dibutuhkan
sebuah fasilitas yang dapat mewadahi
penggunanya untuk mengasah keterampilan
berbahasa secara menyenangkan. Untuk
mewujudkannya, dibutuhkan desain yang dapat
mendukung proses belajar murid dengan
pendekatan spasial. Desain dan bentuk ruang
dapat mempengaruhi psikologi pengguna. Ruangruang
yang tercipta baiknya dapat membuat
pelajar merasa rileks sehingga dapat fokus belajar.
Apalagi karena belajar merupakan aktivitas yang
rutin, diperlukan ruang-ruang untuk beristirahat
sehingga murid menjadi betah. Selain itu
dibutuhkan juga sirkulasi yang baik untuk
mengarahkan pengguna secara efektif. Penerapan
pendekatan spasial ini diharapkan mampu
menjawab permasalahan desain yang ada, serta
memenuhi kebutuhan pengguna.


Keywords


Bahasa Inggris, pembelajaran, komunitas, ruang, aktivitas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :