Gereja dan Fasilitas Pembelajaran Reformed Injili di Balikpapan

Thio Kris Patrio

Abstract


Gerakan Reformed Injili merupakan salah satu Gerakan Keagamaan yang telah berkembang di Indonesia. Gerakan ini telah tersebar di kota-kota di Indonesia, salah satunya kota Balikpapan. Di Balikpapan, Gerakan ini masih berbentuk Mimbar (MRII) yang masih menggunakan ruko sebagai basis tempat melakukan aktivitas gerejawi dan juga masih minimnya fasilitas kerohanian dari Gerakan ini di Balikpapan. Seiring berjalannya waktu tentu Status ‘Mimbar’ akan berubah menjadi ‘Gereja’ yang tentunya aktivitas gerejawi semakin kompleks dan memerlukan sebuah Gedung gereja yang independen.
Fasilitas yang akan diwadahi dalam perancangan ini ditujukan untuk Aktivitas Gerejawi yang ada serta juga menangapi akan kebutuhan Fasilitas pembelajaran dari denominasi Gerakan ini yaitu STRI Balikpapan (STRIPAN). Selain itu, juga terdapat fasilitas-fasilitas pendukung lainnya baik yang bersifat komersial seperti Perpustakaan, pusat literatur, Studio Radio, Toko buku Momentum, Area pameran, musical center, guesthouse, dan lain sebagainya.
Sehingga melalui perancangan ini diharapkan dapat menjadi pusat komplek fasilitas kerohanian dari Gerakan Reformed Injili di Balikpapan. Gedung yang hadir selain mendukung fungsi didalamnya juga diharapkan dapat mencerminkan nilai identitas dari Gerakan Reformed dalam bangunan, oleh karena itu pendekatan simbolik diangkat ke dalam perancangan. Serta untuk mendukung simbolik yang diangkat, kualitas ruang yang baik, faktor suasana, dan akustika ruangan menjadi penekanan yang perlu diperhatikan juga nantinya.


Keywords


Gereja, Simbolik, Suasana, Kualitas Ruang , Akustika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :