WISATA EDUKASI DAN KONSERVASI PENYU DI BALI UTARA

Sharon Nathazha Daniel

Abstract


Fasilitas Wisata Edukasi dan Konservasi Penyu di Bali utara hadir sebagai potensi wisata yang menunjang pemerataan area wisata di Bali serta menjadi tempat konservasi yang memadahi aktivitas penyu di Bali Utara yang dinilai masih kurang dari segi jumlah dan kelayakan sebagai tempat pelestarian penyu.
Fasilitas ini harus memunculkan keunikan sebagai ikon tempat, dengan adanya fungsi konservasi penyu harus lebih memperhatikan interaksi ruang antara penyu dengan manusia sebagai pengunjung. Pembentukan ruang dalam fasilitas di rancang terintegrasi dengan materi edukasi yang ingin di sampaikan mengenai kehidupan penyu, sehingga pengunjung dapat belajar melalui visual dan perasaan ruang. Dalam hal ini metode yang di gunakan dalam perancangan adalah karakter ruang.
Pendalaman karakter ruang di terapkan melalui permainan skala besar kecil dalam ruangan, permainan cahaya, serta tekstur material penutup dalam ruangan. Permainan karakter ruang yang di susun beralur memberikan edukasi melalui alur cerita ruang yang merupakan siklus kehidupan penyu


Keywords


wisata edukasi, konservasi, penyu, karakter ruang, sirkulasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :