Resor Hijau di Pantai Mandalika, Lombok

Robert Hartono

Abstract


Desain Resor Hijau di Pantai Mandalika, Lombok dilatar belakangi oleh rencana Pemerintah Indonesia untuk memajukan sektor infrastruktur dan pariwisata di Kawasan Mandalika, Lombok dengan membangun dua proyek besar, yaitu Bandara Internasional Lombok dan Sirkuit Internasional Mandalika. Dengan ini dibutuhkannya fasilitas penunjang berupa fasiltas penginapan, yaitu resor. Untuk mengembangkan perekonomian dan memperkenalkan keindahan alam di Mandalika, maka desain ini ditujukan untuk mewadahi aktivitas wisatawan di Kawasan Mandalika. Fasiltas resor ini diusulkan untuk berdiri di atas sebidang tanah luas yang berlokasi di pesisir Pantai Mandalika dan berdektan dengan fasilitas wisata di Mandalika, Kuta, Pujut, Lombok, Nusa Tenggara Barat 83573.
Perancangan ini diharapkan untuk bisa menjadi fasilitas yang dapat memperkenalkan keindahan alam Lombok dan dapat menjadi fasilitas penunjang bagi fasilitas pariwisata di area wisata Mandalika. Untuk mewadahi aktivitas para wisatawan dengan melakukan pendekatan ekologis mengenai biophilic architecture dan pendalaman sequence yang focus terhadap alur sirkulasi bagi penginap resor dan menciptakan alur sirkulasi yang menarik bagi pengguna bangunan sebagai penyelesaian masalah
desain. Hasil dari pendekatan dan pendalaman ini adalah desain yang daoat mewadahi kegiatan wisata di Mandalika dan sebagai tempat untuk mengenalkan keindahan alam Lombok.


Keywords


biophilic, ekologis, resor

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :