FASILITAS TERAPI DAN PEMBELAJARAN ANAK TUNAGRAHITA DI SEMARANG

Audelia Cleta(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Fasilitas terapi dan pembelajaran anak tunagrahita
merupakan fasilitas yang mewadahi fungsi
rekreatif dan rehabilitatif untuk mewujudkan
pemulihan penderita tunagrahita pada anak-anak
baik secara fisik maupun psikologis. Fasilitas ini
ditujukan bagi anak usia 7 hingga 17 tahun di
wilayah Jawa Tengah yang memiliki kondisi
keterbelakangan mental serta yang memiliki
hambatan dalam melakukan kegiatan sehariharinya.
Dengan pendekatan Arsitektur Perilaku
dan Lingkungan dengan bantuan area hijau serta
penggunaan warna, diharap fasilitas terapi dan
pembelajaran yang dirancang mampu mendukung
proses penyembuhan penderita secara lebih optimal.
Adanya penemuan bahwa semakin banyak tanaman
hijau berhubungan dengan penurunan dari tingkat
depresi, kecemasan dan stress.


Keywords


anak tunagrahita, arsitektur perilaku dan lingkungan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :