PENDEKATAN DESAIN UNTUK FASILITAS PENDIDIKAN BAGI ANAK PENYANDANG AUTISME STUDI KASUS AGCA CENTER KEDIRI

Nathania Nurjadin(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Dengan adanya peningkatan jumlah penyandang
autisme di Indonesia maka diperlukan pula fasilitas
pendidikan yang dapat menunjang kegiatan
pembelajaran bagi penyandang autisme. Fasilitas
penyandang autisme memerlukan pendekatan desain
agar dapat menunjang kegiatan menjadi lebih baik.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat
apakah fasilitas yang diteliti sudah menerapkan salah
satu pendekatan desain dan juga fasilitas yang diteliti
dapat dijadikan acuan lebih memperhatikan
pendekatan desain dan pengaruhnya dalam
mendesain fasilitas pendidikan bagi anak autisme.
Metode yang digunakan adalah kualitatif secara
deskriptif dengan cara observasi dan wawancara
terhadap pihak yang terlibat dalam fasilitas yang akan
dikaji. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini
adalah bahwa pendekatan ASPECTSS oleh Magda
Mostafa meupakan pendekatan desain yang lebih
dominan digunakan di AGCA Center, dengan adanya
temuan bahwa AGCA Center dominan menggunakan
pendekatan desain ASPECTSS maka pendekatan ini
juga sesuai diterapkan di fasilitas bangunan 1 massa
yang serupa di Indonesia dengan lingkup pengguna
anak usia sekolah.


Keywords


autisme, pendekatan desain, fasilitas pendidikan, kualitatif, laporan penelitian

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :