ANALISIS PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN TERHADAP TERJADINYA ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) DI RESTORAN HACHI-HACHI TUNJUNGAN PLAZA SURABAYA

Yemima Vania Susanto(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pertumbuhan industri restoran dan kafe di Indonesia saat ini sedang berkembang dengan pesat, khususnya di Surabaya. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui secara signifikan pengaruh kepemimpinan dan kepuasan kerja karyawan terhadap terjadinya organizational citizenhip behavior di Restoran Hachi-Hachi Tunjungan Plaza Surabaya. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan software Smart PLS (Partial Least Square). 

Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan dan kepuasan kerja karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap terjadinya organizational citizenship behavior di Restoran Hachi-Hachi Tunjungan Plaza Surabaya.


Keywords


Kepemimpinan, Kepuasan Kerja Karyawan, Organizational Citizenship Behavior

Full Text:

PDF

References


Beach, D. M., dan Reinhartz, J. (2004). Educational Leadership: Changing Schools. Changing Roles. USA: Pearson

Ghozali, I. (2006). Statistik Nonparametrik. Semarang : Undip

Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Kemepat. Semarang : Undip

Handoko, H. T. (2001). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakata : BPFE

Kaihatu, T. S. (2007). “Kepemimpinan Transformasional dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan atas Kualitas Kehidupan Kerja, Komitmen Organisasi, dan Perilaku Ekstra Peran: Studi pada Guru-Guru SMU di Kota Surabaya”, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.98, No. 1, Hal : 49-61.

Kuncoro, M. (2007). Metode Kuantitatif : Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan. Ekonomi. Yogyakarta : UPP STIM YKPN.

Luthans, F. (2006). Perilaku Organisasi. Yogyakarta : Andi

Mangkunegara, A. A. A. P. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Cetakan Keenam. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mangkunegara, A. A. A. P. (2005). Perilaku dan Budaya Organisasi, Cetakan Pertama. Bandung : PT. Refika Aditama.

Nursiah (2004). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. (Studi Kasus pada PT. Indosat Regional Barat-Medan). Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Organ, D. W. (2004). “Personality and Organizational Citizenship Behavior”, Journal Management, 20 (02), 465-478.

Organ, D. W. 2006. Organizational Citizenship Behavior: The Good Soldier Syndrome. Lexington: Lexington Books.

Robbins, S. P. (2006). Perilaku Organisasi. Jakarta : Indeks

Robbins, S. P., dan Judge, T. A. (2007). Organizational Behavior. New Jersey : Prentice Hall, Inc

Said, Mas’ud. 2007. Kepemimpinan Pengembangan Organisasi Team Building dan Perilaku Interaktif. Malang: UIN-Malang Press.

Sugiyono. (2004). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : CV. Alfabeta.

Sugiyono . (2010). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif R & D. Bandung : Alfabeta.

Tett, R. P., dan Meyer, J. P. (1993). “Job Satisfaction, Organizational Commitment, Turnover Intention, and Turnover: Path Analyses Based On Meta-Analytic Findings”, Personnel Psychology. 46, 259-293.

Tschannen-Moran, M. (2003). Fostering organizational citizenship: Transformational leadership and trust. In W.K. Hoy & C.G. Miskel, Studies in Leading and Organizing Schools (pp. 157-179). Information Age Publishing: Greenwich: CT.

Wulani, F. (2005). “Sikap Kerja dan Implikasi Dalam Pengelolaan Sumber Daya Manusia: Suatu Kajian Terhadap Organizational Citizenship Behavior”, Jurnal Studi Bisnis, Vol. 3, No. 1.

Yulk, G. A. (2002). Kepemimpinan dalam Organisasi. Jakarta : Rineka Cipta

Yulk, G. A. (2006). Leadership in Organzations. Jakarta : Indeks


Refbacks

  • There are currently no refbacks.