PENGARUH SERVICE QUALITY TERHADAP REPURCAHSE INTENTION DENGAN CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVERNING DI ZYBRICK COFFEE AND CANTINA SURABAYA

laksamana hymy gabriel(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Analisa pengaruh Service Quality terhadap Repurchase Intention dengan Customer Satisfaction sebagai variable intervening  di Zybrick Coffe And Cantina Surabaya.Pertumbuhan bisnis di bidang café dan restaurant semakin pesat, sehingga tidak jarang masyarakat dengan mudah menemukan lokasinya. Salah satunya dengan banyaknya café yang bermunculan kususnya di kota Surabaya yang merupakan sebagai kota kuliner. Di dukung juga dengan prilaku konsumen  yang semakin konsumtif, sehingga budaya nongkrong atau makan di luar rumah sudah menjadi gaya hidup dalam masyarakat di Surabaya dan terkhususnya kaum anak-anak muda sekarang.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh dari Service Quality yang berdampak pada Repurchase Intention dan Customer Satisfaction pada Zybrick Coffee And Cantina.Penelitian ini dilakukan dangan menyebarkan kuesioner online kepada 100 responden yang pernah berkunjung atau membeli produk di Zybrick Coffee And Cantina. Teknik yang dipakai adalah teknik analisa kuantitatif dengan metode path analysis.Hasil penelitian ini adalah Service Quality berpengaruh signifikan terhadap Repurchase Intention, dengan nilai jauh diatas rata-rata (>1.96) yaitu 11.967. Service Quality juga berpengaruh terhadap Customer Sceatisfaction dengan nilai tertinggi yaitu 28.702, sedangkan Customer Satisfaction juga berpengaruh terhadap Repurchase Intention dengan nilai yaitu 1.978. yang dimana di simpulkan Service Quality memiliki pengaruh terhadap Repurchase Intention dengan Customer Satisfaction sebagai variable intervening di Zybrick Coffee And Cantina.


Keywords


Service Quality, Repurchase Intention, Customer Satisfactio Zybrick Coffee And Cantina, Café, restaurant, Customer Behavior, Kuliner.

References


Roderick, B. dan Gregory, B. J. 2008. Investigating the service: A customer value perspective. Journal of Business Research. Vol 62. No 7, hal 345-355.

Cronin, J.J., Brady, M.K. and Hult, G.T. (2000) Assessing the Effects of Quality, Value and Customer Satisfaction on Consumer Behavioral Intentions in Service,Environments.JournalofRetailing,76,193-218. https://doi.org/10.1016/S0022-4359(00)00028-2.

Kotler, P. Keller, K. L. (2009). Marketing Management. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kotler, P., dan Keller, K. L. (2009, p.177). Marketing management. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kotler, Philip, (2006, p.136), Marketing Management 12th ed. Upper Saddle River, NJ.

Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2.Edisi 12.

Jakarta: Erlangga.

Lovelock, Christhoper. (2002, p.87), Principles of service marketing and management 2nd ed. Upper Saddle River, NJ.

Roderick, B. dan Gregory, B. J. 2008. Investigating the service: A customer value

perspective. Journal of Business Research. Vol 62. No 7, hal 345-355.

Istijanto, (2005, p.32). Aplikasi praktis riset pemasaran : Plus 36 Topik Riset

Pemasaran, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D.

Bandung Alfa omega.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, .Bandung:

CV.Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, .Bandung:

CV.Alfabeta.

Tjiptono dan Chandra, 2006. Service, quality and satisfaction. (2006, p.260) Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjiptono dan Chandra, 2006. Service, quality and satisfaction. (2006, p.365) Yogyakarta: Penerbit Andi.

Zeithaml, Valerie A Services Marketing : Integrating Customer Focus Across The Firm 3rd ((2003, p. 76).

Website:

BahwadataAsosiasi Pengusaha KafedanRestoranIndonesia(Apkrindo)menunjukkanpertumbuhanrestorandiSurabayahampir 20 % pada tahun 2018.

https://www.jpnn.com/news/restoran-di-surabaya-tumbuh-20-persen-per-tahun.

Pertumbuhan Kafe & Restoran di Surabaya Dongkrak Pendapatan Daerah.

https://surabaya.bisnis.com/read/20190613/532/933444/pertumbuhan-kafe-restoran-di-surabaya-dongkrak-pendapatan-daerah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.