Analisa Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Customer Satisfaction Dan Customer Loyalty The Light Cup Di Surabaya Town Square

Albertus Christian Hutama(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Persaingan usaha dalam industri kafe semakin ketat, oleh karena itu perlu adanya suatu strategi yang diterapkan oleh sebuah kafe agar dapat bertahan dalam persaingan yang ada di industri tersebut.Salah satu strategi pemasaran yang dapat dilakukan adalah experiential marketing yang berorientasi pada konsumen yang menghasilkan kepuasan dan loyalitas konsumen.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif melalui metode kuesioner.Sampel penelitian ini adalah 220 responden yang merupakan konsumen dari The Light Cup di Surabaya Town Square. Hasil observasi akan di analisis dengan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM).

Hasil analisis menggunakan Structural Equation Model (SEM) menyimpulkan bahwa experiential marketing yang dilakukan oleh The Light Cup Café memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan  pengaruh experiential marketing terhadap loyalitas konsumen memiliki pengaruh yang negative dan tidak signifikan pada dimensi feel, think dan relate. Hasil lain menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan


Keywords


Experiential marketing, kepuasan konsumen, loyalitas konsumen

Full Text:

PDF

References


Andreani, Fransisca. (2007). Experiential Marketing (Sebuah Pendekatan Marketing), Jurnal

Hair, et al. 2006. Multivariate Data Analysis 6th Ed. New Jersey: Pearson Education.

Kotler, Philip, 2005, Manajemen Marketing, Jilid Satu dan Dua, PT. Prenhallindo Jakarta.

Kotler, Phillip, dan Keller. (2007). Manajemen Pemasaran, Edisi kedua belas. Jilid 1 PT Indeks : Jakarta.

Kotler, Philip, dan Kevin Keller. 2009. Manajemen marketing, Edisi Kedua Belas Jilid 2. PT Indeks : Jakarta

Malhotra, Naresh K. (2004). Marketing Research. New Jersey: Pearson Prentice hall.

Schmitt, Bernd H. 1999. Experiential Marketing: How to Get Your Customers to Sense, Feel, Think, Act, and Relate to Your Company and Branda. New York: The Free Press.

Sugiyono, (2003), Statistik Untuk Penelitian, CV. Alpabeta, Bandung.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis. CV.Alfabeta, Bandung.

Sutisna. (2001), Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, Cetakan I.

Wilkie, L. (1994). Consumer Behavior, 4th.New York : John Wiley & Sons


Refbacks

  • There are currently no refbacks.