Analisa Pengaruh Service Quality, Food Quality dan Price Terhadap Kepuasan Pelanggan Kedai Sabindo Gayungsari Surabaya

Irwan Setiawan(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan bisnis makanan di Indonesia yang semakin berkembang pesat juga menyebabkan meningkatnya persaingan. Sebagai salah satu restoran, Kedai Sabindo harus memiliki keunggulan untuk mampu bersaing agar dapat bertahan dan memenangkan persaingan dalam bisnis makanan ini. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mencapai keunggulan tersebut adalah dengan menerapkan Service Quality, Food Quality dan Price yang tepat sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh dari Service Quality, Food Quality dan Price terhadap kepuasan pelanggan di Kedai Sabindo Gayungsari Surabaya serta mengetahui faktor mana yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan di restoran tersebut. Dalam pengumpulan data, peneliti menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang merupakan konsumen dari Kedai Sabindo Gayungsari Surabaya. Alat analisa yang digunakan adalah analisa regresi linear berganda.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan variabel service quality, food quality, dan price berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Kedai Sabindo Gayungsari Surabaya. Sedangkan faktor yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan adalah pricing atau harga produk.


Keywords


Service Quality, Food Quality, Price, Kepuasan Pelanggan

References


Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri, S. (2007). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Berman, Barry and Joel R. Evans. (2006). Retail Management A Strategy Approach. Edisi 10. Pearson Prentice Hall, New Jersey.

Dutka, Alan, (2008). AMA Hand Book for Customer Satisfaction. NTC Business Book, Lincolnwood, Illinois.

Gaman, P.M., & Sherrington, K.B. (1996). The Science of Food: 4th Edition. Oxford: Butterworth-Heinemann.

Green, S.B. (1991). How Many Subjects Does It Take To Do a Regression Analysis? Multivariate Behavioral Research, 26, 499-510.

Jones, P. (2000). Introduction to Hospitality Operation. Great Britain: The Bath Press.

Knight, J.B., Kotschevor, L. (2000). Quality Food Production Planning and Management: 3rd Edition. Canada: Simultaneously.

Kotler, P and G Armstrong. (2010). Principles of Marketing. 13th Edition. Prentice-Hall, Inc. New Jersey

Kotler, P. and Keller, K.L. (2009). Marketing Management: 13th Edition. New Jersey: Upper Saddle River.

Malhotra, N. (2004). Marketing research. Upper Saddle River: Pearson Prentice Hall. Intl.

Malhotra, N. (2005). Riset penelitian: Pendekatan terapan. (Ed.4). Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Marzuki, (2000). Metodologi Riset, Yogyakarta : PT. Prasetia Widya Pratama.

Mowen, JC dn Minor, M. (2008). Consumer Behavior Fifth Edition. New Jersey: Prentice-Hall.

Rangkuti, Freddy. (2006). Measuring Customer satisfaction. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sugiyono. (2001). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2005). Memahami penelitian kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Suliyanto. (2005). Metode Riset Bisnis. Bandung : CV. Alfabeta.

Tjiptono, F. (2008), Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Yogyakarta: Andi Offset.

Umar, H. (2002). Riset pemasaran dan prilaku konsumen. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Zeithaml, V.A., Bitner, M.J., and Dwayne, D. (2009). Services Marketing - IntegratingCustomer Focus Across The Firm: 5th Edition. New York: McGraw Hill.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.