Pengaruh Retail Mix Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Toko Musik Melodia Surabaya

Aeron setiawan Effendy(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kepuasan pelanggan memiliki peran yang strategis dalam menjamin keberlangsungan usaha. Pelaksanaan Retail Mix yang yang tepat akan mampu memberikan kepuasan kepada pelanggan. Toko musik Melodia adalah salah satu toko musik di Surabaya yang menerapkan Retail Mix. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Retail Mix terhadap tingkat kepuasan pelanggan di toko musik Melodia Surabaya. Dari hasil analisis regresi linier berganda disimpulkan bahwa variabel Retail Mix yang meliputi merchandise assortment, pricing, communication mix, store design & display, customer service dan location secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di toko Musik Melodia Surabaya. Secara parsial hanya customer service dan location yang tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di toko Musik Melodia Surabaya. Disimpulkan pula bahwa merchandise assortment merupakan variable Retail Mix yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan di toko Musik Melodia Surabaya.


Keywords


Bauran pemasaran eceran, merchandise assortment, harga, bauran komunikasi, desain & display toko, layanan pelanggan, lokasi, kepuasan pelanggan.

References


Churchill, Jr, Gilbert A, (2005). Dasar-dasar riset pemasaran. (Ed.4). Jilid 1. (Andrianti, Dwi Kartini Yahya, Emil Salim, Trans). Jakarta: Erlangga.

Dunne, Patrick M., Lusch, Robert F., & Griffith David A. (2002). Retailing (4th Ed.). Delhi: South Western, A Division of Thomson Learning.

Gilbert, David. (2003). Retail Marketing Management (2nd ed.). England: Prentice Hall.

Grewal, Dhruv & Levy, Michael. (2010). Marketing (2nd ed.). New York: McGraw Hill.

Kotler, P.& Keller, K.L. (2009). Marketing management (13th ed.). New Jersey : Prentice Hall, Inc.

Levy, Michael & Weitz, Barton A. (2009). Retailing Management (7th Ed.). New York: McGraw-Hill Irwin.

Malhotra, N. (2004). Marketing research. Upper Saddle River: Pearson Prentice Hall. Intl.

Malhotra, N. (2005). Riset penelitian: Pendekatan terapan. (Ed.4). Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Suprapto, Johanes. (2001). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Rineka Cipta.

Wijaya, Tony. (2005). Pengaruh Service Quality Perception dan Satisfaction Terhadap Purchase Intention : Modus Vol. 17 (1). 2005


Refbacks

  • There are currently no refbacks.