PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DENGAN CORPORATE IMAGE SEBAGAI MODERATOR DI PT. MITRA PINASTHIKA MULIA SURABAYA

Rizky James Immanuel(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh customer relationship marketing dari PT. MPM yang bergerak sebagai perusahaan manufaktur berbasis sepeda motor dalam meningkatkan customer loyalty dari konsumennya dengan menggunakan corporate image sebagai moderator. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen di PT. MPM Surabaya. Sampel yang diambil berjumlah 100 orang dengan kriteria laki-laki dan perempuan yang berusia diatas 17 tahun dan mengetahui program One Heart Card Priority (OHCP). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pengambilan sampel purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah structural equation model (SEM) dan partial least square (PLS).


Keywords


Customer relationship marketing, customer loyalty, corporate image

Full Text:

PDF

References


Alipour, M., & Mohammadi, M. H. (2011). The Effect of Customer Relationship Management (CRM) on Achieving Competitive Advantage of Manufacturing Tractor. Global Journal of Management and Business Research.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Assael, H. (2001). Consumer Behavior and Marketing Action. New York University: Thomson Learning.

Bloemer, J. and Kasper, H. (1995). The complex relationship between consumer satisfaction and brand loyalty. Journal of Economic Psychology.

Chaudhuri, A., Holbrook, M.B. (2001). The chain of effect from brand trust and brand affect to brand performance: the role of brand loyalty, Journal Of Marketing.

Dharmmestha, B.S. (1999). Loyalitas pelanggan: sebuah kajian konseptual sebagai panduan bagi peneliti. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia.

Dharmmesta, B. S., & Irawan. (2005). Menejemen Pemasaran Modern . Yogyakarta: Liberty.

Faullant, R., Matzler, Kurt. And Fuller, J.(2008). The impact of satisfaction and image on loyalty : the case of alpine ski resorts. Managing Service Quality.

Gaurav, K. (2016). Impact of Relationship Marketing on Customer Loyalty: Evidence from Indian Automobile Industry. Associate Dean (Strategic Research).

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Multivariate dengan Program IBM SPSS 23, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Multivariate dengan Program IBM SPSS 23, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Husnain, M., & Akhtar, M. (2015). Relationship Marketing and Customer Loyalty: Evidence from Banking Sector in Pakistan. Global Journal of Management and Business Research : Marketing.

Imelda, S., & Sangen, M. (2013). Pengaruh Keputusan Bauran Promosi terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Nomor Perdana Telkom Flexy di Kota Banjarmasin. Jurnal Wawasan Manajemen.

Kim, Y.-E., & Lee, J.-W. (2010). Relationship between Corporate Image and Customer Loyalty in Mobile Communications Service Markets . Africa Journal of Business Management.

Kotler, P. (2000). Marketing Management, the Millenium Edition. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Kotler, P., Amstrong, G. (2001). Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga

Malhotra. (2005). Riset Pemasaran jilid 1 Edisi 4. Jakarta: Indeks Kelompok

Martini, L. K. (2013). Relationship marketing, customer satisfaction, customer commitment dan customer loyalty (studi pada sebuah bank nasional di denpasar) . Buletin Studi Ekonomi.

Morgan, R.M. and Hunt, S.D. (1994). The commitment-trust theory of relationship marketing. Journal of Marketing.

Nurmiyati (2009). Analisis pengaruh citra merek, kualitas produk dan promosi penjualan terhadap citra perusahaan (studi pada CV, Aneka Ilmu cabang Cirebon). Unpublished undergraduate thesis, Universitas Diponegoro, Semarang

R., M. H., Nuraeni, R., & Nuerfebiaraning, S. (2016). Strategi relationship marketing dalam akun twitter @telkomsel. Jurnal Sosioteknologi.

Rivaldi, D. (2017). Pengaruh relationship marketing terhadap customer loyalty dengan customer satisfaction sebagai variabel intervening pada PT. Mitra Pinasthika Mustika. Jurnal Strategi Pemasaran.

Rowley, J., Dawes, J. (1999). Customer loyalty-a relevant concept for libraries. Library Management.

Upamannyu, N. K., Bhakar, S., & Gupta, M. (2015). Effect of corporate image on brand trust and brand effect. International Journal of Applied Science-Research and Review (IJAS).

Schiffman, L., Kanuk, L.L. (2008). Perilaku konsumen edisi 7. Jakarta: PT. Indeks.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis:pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D 15th ed. Bandung: Alfabeta

Weiwei, T. (2007). Impact of Corporate Image and Corporate Reputation on Customer Loyalty: A Review . Management Science and Engineering.

Wibowo, A. P., Kumadji, S., & Latief, W. A. (2015). Pengaruh Relationship Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan Savana Hotel dan Convention Malang) . Jurnal Administrasi Bisnis.

Yang, Xiaoming & Tian, Peng & Zhang, Zhen. (2005). A Comparative Study on Several National Customer Satisfaction Indices (CSI).

Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2009). Services marketing 5th edition . New York: McGraw Hill.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.