ANALISA PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT CREDIBILITY PADA IKLAN POCARI SWEAT TERHADAP BRAND IMAGE DAN ATTITUDE TOWARDS THE BRAND

Herman Soeprapto(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Iklan adalah salah satu bentuk komunikasi sebuah perusahaan untuk mempromosikan dan mengenalkan produk atau jasa kepada masyarakat. Salah satu contoh dari iklan adalah seperti yang dilakukan oleh Pocari Sweat dimana iklannya menggunakan Selebriti Endorser yang bertujuan untuk menarik perhatian konsumen ketika melihat iklan. Selebriti Endorser tidak dipilih secara asal-asalan, karena kepribadian dan kepopuleran seleriti tersebut dapat mempengaruh Citra Merek dari produk yang diiklankan. Permasalahan yang terjadi adalah bagaimana perusahaan dapat mengetahui bahwa penggunaan selebriti untuk iklan tersebut dapat menciptakan Citra Merek yang baik dan dapat membangun Sikap terhadap Merek yang baik oleh konsumen. Penelitian ini akan dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada 100 responden dengan teknik analisis PLS dimana hasil penelitian mampu menunjukan pengaruh Selebriti Endorser yang digunakan Pocari Sweat terhadap Citra Merek dan Sikap terhadap Merek.

Keywords


Kredibilitas Selebriti, Citra Merek, Sikap Terhadap Merek, Iklan.

Full Text:

PDF

References


al, L. F. (2005). The Importance of Perceived Endorser Credibility in South Korean Advertising.

Assael, H. (2002). Consumers Behavior and Marketing Action, Edisi 3,. Boston Massachusset: Kent Publishing Company.

Belch, G. E., & Belch, Michael A. (2004). Advertising and Promotion, An Integrated Marketing Communications Perspective. Sixt Edition. New York: McGraw-Hill/Irwin.

Chaunduri. (2011). The Chain of Effect From Brand Trust And Brand Effect To Brand Performance: The Role of Brand Loyalty. Journal of Market Focused Management.

Ferrinadewi. (2008). Merek dan Psikologi Konsumen, Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kotler, & Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 2. Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Alih bahasa oleh Benyamin Molan. Jilid 1. Jakarta: Indeks.

Ohanian, R. (1990). Construction and validation of a scale to measure celebrity endorsers’ perceived expertise, trustworthiness and attractiveness. Journal of Advertising, 19, 39-52.

Ruth, R. S. (2002). Pioner Brand Advantage with UK Consumers. Journal of Marketing, 36(7/8): 895 911.

Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana.

Sivesan, S. (2013). Impact Of Celebrity Endorsement On Brand Equity In Cosmetic Vol.2 No.4.

Surachman. (2008). Dasar-Dasar manajemen Merek. Malang: Bayumedia Publishing.

Temporal & Lee. (2007). Hi tech Ho Touch Branding : Creating Brand Power In. Jakrata : Salemba Emban.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.