Analisis Pengaruh Trust Dan Commitment Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Cv. Sumber Jaya Sakti Tarakan

Sri Sari Utami A.W(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


AbstrakSeiring dengan berkembangnya jaman, kebutuhan masyarakat akan alat transportasi pun ikut berkembang. Didukung dan tingginya tingkat permintaan konsumen akan kendaraan roda dua, pesaingan bisnis kendaraan roda dua pun semakin tinggi. Untuk bisa terus bersaing dengan kompetitor, melakukan penerapan relationship marketing, dengan tujuan membuat pelanggan yang telah dimiliki perusahaan merasa puas akan kinerja perusahaan dan menjadi loyal kepada perusahaan. Penelitian ini dilaksanakan melalui 200 kuesioner yang di bagikan secara langsung pada objek penelitian yaitu seluruh konsumen CV.Sumber Jaya Sakti Tarakan yang pernah melakukan pembelian kembali dalam waktu 3 bulan terakhir untuk mengetahui apakah Trust dan Commitment yang diberikan perusahaan berpengaruh positif terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan CV.Sumber Jaya Sakti Tarakan.

 



Keywords


Pelanggan CV. Sumber Jaya Sakti Tarakan, Relationship Marketing, Loyalitas Konsumen, Kepuasan Konsumen, Intervening Variabel, Structural Equation Model (SEM).

Full Text:

PDF

References


Tracy Harwood, Tony Garry, Anne Broderick. (2008). Relationship marketing. Perspectives, dimensions, and context : Mc. Graw Hill Book.

Davey, Rod, & Jack Antony. (2001). How to be better at marketing. PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Chr. Whidya Utami (2008). The Strengthening Relationship Outcome Strategy In Retail Business In Indonesia.

Kartajaya, Hermawan, (2002), Mark plus on strategy. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philip & Gary Amstrong. (1998). Marketing: an Intoduction. (3rd ed.). New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, Philip & Gary Amstrong. (2001). Principle of marketing (9th ed). New Jersey : Prentice Hall Inc.

Kotler philip (2006) et al. Perspectives and Dimensions of Relationship Marketing: part 1.

Warren J Keagan., Moriarty, Sandara E., Thomas Duncan R. (1995). Marketing (3rd). New Jersey : Prentice Hall International Inc.

Lovelock, christoper (2004). Service marketing people, technology, strategy seventh edition. P.316.

Malhotra, Naresh K. (2009). Marketing Research: An Applied Orientation Canada: Pearson College.

Malhotra, N. (2004). Marketing research. Upper Saddle River: Pearson Prentice Hall. Intl.

Stone, M., Neil, W., Liz, M. (2001). The art of marketing, (Vol.8). New Delhi: Crest Publishing House.

Sugiyono, (2003). Statistik Untuk Penelitian, Bandung, CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Kesebelas. Bandung : CV. Alfabeta William, Stanton (2005). Prinsip-prinsip pemasaran. Penerbit Erlangga Jakarta.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta : Bandung Swastha, Basu dan Irawan. (1990). Menejemen Pemasaran Modern. Penerbit Liberty Yogyakarta.

Zeithaml et al., (1996). Measuring the quality of relationship in customer service: An empirical study. European. Journal of Marketing.

Husein Umar (2002). Metode riset bisnin. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Alrubaiee dan Nazer, et al. (2010). Investigate The Impact of Relationship Marketing Orientation on Customer Loyalty : The Customer’s Perspective.

Seyyedeh Mohaddeseh Seyyednejad (2013). Surveying the Relationship Between Relationship Marketing and Customer Loyalty, Case Study: Pasargad Bank in Mazandaran province

Ferdinand, A. (2005). Structural Equation Modeling dalam Penelitian Manajemen: Aplikasi Model-model Rumit dalam Penelitian untuk Tesis Magister. Semarang: UNDIP.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Johnston, M. D., & Roos, I. (2005). The Effects of Customer Satisfaction, Relationship Commitment Decision in Service. Journal of Marketing .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.