Analisa Pengaruh Motivasi, Persepsi, Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Xenia di Sidoarjo

Rico Saputra(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh faktor Psikologis terhadap Keputusan Pembelian Xenia di Sidoarjo. Variable dari pengaruh Psikologis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Motivasi, Persepsi, dan Sikap Konsumen. Penelitian ini dilaksanakan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 orang konsumen pengguna mobil Daihatsu Xenia. Alat analisa yang digunakan untuk mengukur pengaruh faktor Psikologis terhadap Keputusan Pembelian adalah analisa regresi linear berganda.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Motivasi, Persepsi, dan Sikap Konsumen berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Daihatsu Xenia di Sidoarjo. Sedangkan faktor yang paling dominan mempengaruhi Keputusan Pembelian adalah Motivasi.


Keywords


Faktor Psikologis; Motivasi; Persepsi; Sikap Konsumen; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Solomon, Michael R, Bamossy dan Elnora W, Askrgaard, 2002, Merketing Real People Real Choice, 2 Edition, Prentice HallInc, Upper Saddle River, New Jersey.

Schiffman, Leon G.; Kanuk, Leslie Lazar. 2010 Consumer Behavior, 8th. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Kotler, Phillip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Schiffman, Leon. G; Leslie Lazar Kanuk. 2004. Consumer Behavior. New Jersey : Pearson Prentice Hall,Inc.

Schiffman, Leon G. Kanuk, Leslie Lazar, 2000, Consumer Behavior (7th Edition) Prentice Hall (Upper Saddle River, N.J.)

Engel, James F, et al. 1994. Perilaku Konsumen, Jilid 1. Jakarta: Binarupa Akasara.

Maslow, A. (1943). A theory of human motivation, Psychological Review, vol. 50, 1943, 370-96. Prentice Hall (Upper Saddle River, N.J.)

Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.

Hamidi. (2007). Metode Penelitian Kualitatif Aplikasi Praktis Pembuatan Proposal Penelitian dan Laporan. Malang: UMM Press.

Wahyuni, D.U. 2008. Pengaruh Motivasi, Persepsi, dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Honda di Surabaya Barat. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. 10 (1). hal. 30-37.

Akbar, J.Y. 2010. Analisis Pengaruh Motivasi, Persepsi Kualitas, Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda (Studi pada Konsumen Sepeda Motor Honda di Semarang. Skripsi Tidak Dipublikasikan.Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Semuel, Hatane, Veronica, Annette dan Novia, Hellen. 2007. Perilaku dan Keputusan Pembelian Konsumen Restoran Melalui Stimulus 50% Discount di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol.2, No. 2

Green, S.B. (1991). How Many Subjects Does It Take To Do a Regression Analysis? Multivariate Behavioral Research,26,499-510.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Malholtra, N.K. (2004). Marketing Research (4th ed.). Prentice Hall: Pearson Education, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.