Analisa Pengaruh Service Quality, Price, Dan Customer Relationship Terhadap Customer Loyalty Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Di Rumah Makan Taman Handayanisurabaya

Priscilia Sutanto(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Berkembangnya industri makanan menyebabkan tingkat persaingan untuk mendapatkan konsumen semakin tinggi. Setiap pelaku bisnis restoran harus dapat memberikan sesuatu  yang  unik pada produk mereka dan selalu memberikan inovasi-inovasi baru agar usaha mereka dapat bertahan dalam ketatnya persaingan. Pelaku bisnis restoran yang sadar akan pentingnya kepuasan dan loyalitas konsumen akan selalu memikirkan mengenai tiga variable yang sangat berpengaruh dalam bisnis mereka yaitu service quality, price, dan customer relationship. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh service quality, price, dan customer relationship terhadap customer satisfaction, serta untuk mengetahui pengaruh customer satisfaction terhadap customer loyalty. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif kausalitas. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa service quality, price, dan customer relationship berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction, sedangkan customer satisfaction berpengaruh signifikan terhadap customer loyalty. Faktor yang berpengaruh dominan terhadap customer satisfaction adalah service quality, selanjutnya adalah customer relationship dan terakhir adalah price.


Keywords


Service Quality, Price, Customer Relationship,Customer Satisfaction,Customer Loyalty

Full Text:

PDF

References


Lovelock, Christopher & Jochen Wirtz. (2004). Services marketing fifth edition people, technology, strategy. New York: Pearson.

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. (2009). Marketing Management 13th edition. New Jersey: upper Saddle River.

Zeithaml, Valarie A., Mary Jo Bitner dan Dwayne D. Gremler. (2009). Services Marketing – Integrating Customer Focus Across The Firm 5th Edition. McGraw-Hill : New York

Siswanto Sutojo., (2009), Manajemen Pemasaran Untuk Eksekutif Non-Pemasaran, Jakarta : Dama Mulia Pustaka.

Amin Widjaja Tunggal, 2008. Audit Manajemen. Jakarta : Rineka Cipta

Ruslan, Rosady. (2010). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi : Konsepsi dan Aplikasi edisi revisi 10. Jakarta : Rajawali.

Kalakota, Ravi dan Robinson, Marcia, 2001, E-Business 2.0 Roadmap For Success. Addison-Wesley, USA.

Griffin, Ricky W, dan Ronald J. Ebert, (2009). Business, 8th Edition, Pearson International Edition, New Jersey, Prentice Hall.

Simamora, B. (2004). Riset pemasaran: Falsafah, teori, dan aplikasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wijaya, T. (2009). Analisis structural equation modeling menggunakan AMOS. Yogyakarta : Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Ferdinand, Augusty. (2005). Structural equation modeling dalam penelitian manajemen : Aplikasi model-model rumit dalam penelitian untuk Tesis Magister. Semarang : UNDIP.

Santoso, Singgih. 2012. Analisis SPSS pada Statistik Parametrik. Jakarta: PT.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.