Analisa Pengaruh Service Quality Terhadap Customer Satisfaction Rempah Indonesian Restaurant

Winy Salim(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Saat ini bisnis makanan dan minuman semakin meningkat didasarkan karena banyaknya permintaan dan penawaran. Perkembangan bisnis ini menyebabkan ketatnya persaingan. Agar perusahaan dapat bertahan dan menjadi yang terbaik di bisnis ini, pebisnis dituntut untuk dapat memberikan kualitas layanan terbaik yang nantinya akan membentuk kepuasan tersendiri oleh konsumen. Oleh karena itu, penelitian ini ditujukan untuk mengamati pengaruh dari service quality yang terdiri dari tangible , empathy, reliability, responsiveness, dan assurance terhadap customer satisfaction di Rempah Indonesian Restaurant, serta faktor manakah yang berpengaruh dominan terhadap customer satisfaction restoran tersebut.

Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan 100 kuisioner kepada responden konsumen Rempah Indonesian Restaurant. Metode pengolahan data dilakukan dengan menggunakan validitas, reliabilitas dan analisa statistik deskriptif, sedangkan metode analisis data yang dipakai adalah dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dan analisa gap.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa service quality secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction Rempah Indonesian Restaurant. Sedangkan faktor yang berpengaruh dominan terhadap customer satisfaction di Rempah Indonesian Restaurant adalah empathy.


Keywords


service quality, tangible, empathy, reliability, responsibility, assurance, satisfaction, gap

Full Text:

PDF

References


Ayodya, Wulan. (2007). Kursus Singkat Usaha Rumah Makan Laris Manis. Jakarta: PT. ELEX Media Komputindo.

Badan Pusat Statistik. (2012). Pertumbuhan Ekonomi Jawa Timur tahun 2012 Mencapai 7.27 persen. Retrieved Feb, 2013, from http://jatim.bps.go.id/index.php/pelayanan-statistik/brs-jawa-timur/brs-pdrb-jatim/263-pertumbuhan-ekonomi-jawa-timur-tahun-2012-mencapai-727-persen.

Djarwanto. (2001). Mengenal Beberapa Uji Statistik dalam Penelitian. Yogyakarta: Liberty.

Fauzi, Muchamad. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif. Semarang: Walisongo Press.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 19. Cetakan Kelima. Semarang: Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. (2009). Marketing Management (13th ed). New Jersey: Upper Saddle River.

Kuncoro, Mudrajat. (2003). Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi: Bagaimana Menelitit & Menulis Tesis?. Jakarta: Erlangga.

Malhotra, N. (2012). Basic Marketing Research. (4th ed.). Saddle River: Pearson Prentice Hall. Intl.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Cetakan ke-15. Bandung: CV. Alfabeta.

Surya Online. (2009). Ketagihan Lezatnya Masakan di Rumah. Retrieved Feb, 2013 from http://www.surya.co.id/2009/06/07/ketagihan-lezatnya-masakan-rumah.

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi 3. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Tjiptono, Fandy. (2011). Service, Quality, & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Umar, H. (2003)

. Metode Riset Bisnis. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.Zeithaml, Valarie A., Mary Jo Bitner dan Dwayne D. Gremler. (2009). Services Marketing – Integrating Customer Focus Across The Firm (5th ed). New York: McGraw-Hill.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.