Analisa Pengaruh Retail Mix Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Kampoeng Roti Nginden Surabaya

Wira Salim(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Dilihat dari perkembangan bisnis yang terus meningkat terutama perkembangan pada bisnis food and beverage di Surabaya ini, para pengusaha bisnis makanan dan minuman harus memiliki keunggulan yang lebih dari pesaingnya untuk dapat memenangkan pasar. Salah satu keunggulan yang dapat ditonjolkan adalah pada retail mix yang baik, dimana retail mix merupakan langkah awal pemasaran bagi keberhasilan perusahan yang terdiri dari enam elemen yaitu product (merchandise assortment), location, price, promotional mix, customer service, dan store design and display. Para pengusaha harus tahu elemen apa dalam retail mix ini yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. 

Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisa pengaruh retail mix dalam toko terhadap keputusan pembelian konsumen dan variabel manakah yang paling berpengaruh di Kampoeng Roti Nginden Surabaya dengan menyebarkan kuisioner kepada 110 responden konsumen di Kampoeng Roti Nginden Surabaya. Alat analisa yang digunakan untuk mengukur pengaruh retail mix terhadap keputusan pembelian konsumen adalah analisa regresi linear berganda.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh dari variable retail mix terhadap keputusan pembelian konsumen di Kampoeng Roti Nginden Surabaya. Dimana faktor yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian konsumen adalah price.


Keywords


customer service, keputusan pembelian konsumen, location, merchandise assortment, price, promotional mix, retail mix, store design and display

Full Text:

PDF

References


Adiwijaya, M. (2010). 8 Jurus Jitu Mengelola Bisnis Ritel ala Indonesia. Jakarta : Penerbit Elex Media Komputindo.

Berman, Berry, joel R. Evans. (2004). Retail Management. (9th ed). Pearson Education International.

Dunne, Lusch, Griffith. (2002). Retailing (4th ed). New York: south-western, a division of thomson learning

Green, S. B. (1991). How many subjects does it take to do a regression analysis? Multivariate Behavioral Research, 26, 499-510.

Kotler & Armstrong. (2009). Marketing (9th ed). Pearson International Edition.

Malhotra, N.K. (2012). Basic Marketing Research (4th ed). New Jersey: Pearson Education.Inc.

Schiffman, I.G., & Leslie L.K., (2004). Consumer Behaviour. (8th ed). Prentice Hall, New Jersey.

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi kedua. Yogayakarta: Penerbit ANDI OFFSET.

Levy, Michael & Weitz, Barton A. (2009). Retailing Management (7th Ed.). New York: McGraw-Hill Irwin.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.