Pengaruh Retail Mix Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Uk Petra Di Circle K Siwalankerto Surabaya

Pricilia Adji(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pergeseran pola berbelanja masyarakat yang suka berbelanja di gerai ritel modern menyebabkan pesatnya pertumbuhan dan persaingan bisnis ritel. Sebagai salah satu usaha ritel modern, Circle K harus memiliki keunggulan bersaing agar dapat bertahan. Strategi bauran pemasaran eceran (retail mix) sangat penting bagi toko ritel modern karena dapat menciptakan keunggulan bersaing dan perbedaan karakteristik antara toko ritel yang satu dengan lainnya sehingga konsumen akhirnya memutuskan membeli di toko.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh dari Retail Mix (customer service, store design & display, communication mix, location, merchandise assortment, dan pricing) terhadap keputusan pembelian Mahasiswa UK Petra di Circle K Siwalankerto Surabaya serta mengetahui faktor mana yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian di toko ritel tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dengan menyebarkan kuesioner kepada 110 responden konsumen yaitu mahasiswa UK Petra yang pernah berbelanja atau mengunjungi Circle K Siwalankerto Surabaya. Alat analisa yang digunakan untuk mengukur pengaruh Retail Mix terhadap Keputusan Pembelian adalah analisa regresi linear berganda.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan keenam variabel retail mix secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Mahasiswa UK Petra di Circle K Siwalankerto Surabaya. Sedangkan faktor yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian di Circle K Siwalankerto adalah customer service.


Keywords


Bauran pemasaran eceran, layanan pelanggan, desain dan display toko, bauran komunikasi, lokasi, merchandise assortment, harga, keputusan pembelian.

Full Text:

PDF

References


Berman, Barry & Evans, Joel R. (2010). Retail Management: A Strategic Approach (11th Ed.). New Jersey: Prentice Hall.

Green, S.B. (1991). How Many Subjects Does It Take To Do a Regression Analysis? Multivariate Behavioral Research, 26, 499-510.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2009). Marketing Management (13th Ed.). New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Levy, Michael & Weitz, Barton A. (2009). Retailing Management (7th Ed.). New York: McGraw-Hill Irwin.

Malhotra, N. (2004). Riset penelitian: Pendekatan terapan. (Ed.4). Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Ma’ruf, Hendri. (2006). Pemasaran Ritel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Marketing. (2013, January 03). Brand Switching Analysis dalam Industri Ritel Modern. Retrieved March 10, 2013, from http://www.marketing.co.id/

Schiffman, I.G., & Leslie L.K., 2004. Consumer Behaviour (8th Ed). Prentice Hall, New Jersey.

Simamora, B. (2004). Riset pemasaran: Falsafah, teori, dan aplikasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2005). Memahami penelitian kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Umar, H. (2002). Riset pemasaran dan prilaku konsumen. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.