ANALISA EFEKTIVITAS PRODUCT PLACEMENT BURGER KING DALAM FILM IRON MAN 1 DAN AUDI DALAM FILM IRON MAN 2

Nike Krishnasari(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Product placement merupakan salah satu alternatif untuk melengkapi iklan komersil saat ini, karena dapat memperoleh perhatian penonton secara tidak langsung. Penelitian ini membahas efektifitas penggunaan product placement Burger King dan Audi dalam film Iron Man 1 dan 2, serta melihat strategi product placement dalam meningkatkan  kesan nyata sebuah film. Efektivitas product placement diteliti dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan 30 responden berdasarkan principles of effective in-program placement. Hasil penelitian menujukan bahwa Burger King dan Audi keduanya efektif, dan dapat meningkatkan kesan nyata pada film Iron Man. Variabel efektivitas yang dominan pada merek Burger King adalah program induced mood dan placement modality, sedangkan variabel efektifitas yang dominan pada merek Audi adalah program induced mood, opportunity to process placement dan placement priming.


Keywords


product placement

Refbacks

  • There are currently no refbacks.