Analisa sikap Audience Terhadap Product/Brand Placement Apple pada Film Mission Impossible 4 : Ghost Protocol

Jessica Kumalawati Wisanto(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Media komunikasi saat ini banyak digunakan untuk mempromosikan sebuah produk, salah satunya adalah iklan di media televisi. Banyak perusahaan berusaha membuat iklan untuk memperkenalkan produknya. Salah satu alternatif promosi yang menarik yaitu dengan menempatkan produk pada sebuah film. Penelitian ini membahas tentang  sikapaudience terhadap penempatan produk pada sebuah film. Penelitian ini diukur melalui beberapa dimensi dari variabel tersebut, dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana  sikapaudience terhadap penempatan produk dalam sebuah film.

Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, metode pengumpulan data menggunakan focus group discussion dengan jumlah sampel 30 orang mahasiswa UK petra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap audience terhadap product placement sudah baik namun masih harus ditingkatkan.

Keywords


penempatan produk, sikap audience

Full Text:

PDF

References


Achiruddin Siregar. 2007. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) ITMI Medan, Tesis, Pasca Sarjana Universitas Sumatera Utara. Medan.

Adi, R. 2004. Metodologi Penelitian Sosial dan Hukum; Edisi-1. Jakarta: Granita

Argan, M., Vlioglu, M. N., Argan, M. T., 2007,“Audience Attitudes Towards Product Placementin Movies: A Case from Turkey”. TheJournal of American Academy of Business–Cambridge, 11, pp. 161–167.

Arnalia Purnamasari. 2007. Analisis Pengaruh Kegiatan Periklanan Melalui Media TV PT. Excelcomindo Pratama (XL) Terhadap Minat Beli Konsumen”, Jurnal UPN Veteran, Jakarta.

Belch, G.E & Belch, M.A. 2007. Advertising and Promotion : An Integrated Marketing Communication Perspective, 7th Edition. New York: McGraw Hill.

Bhatnagar S, Bahl R, Sharma PK, Kumar GK, Saxena SK, Bhan MK. 2002, Zinc treatment with oral rehydration therapy reduces stool output and duration of diarrhea in hospitalized children; a randomized controlled trial. J Pediatr Gastroenterol Nutr 38: 34-40

Burns, Alvin C. dan Bush, Ronald F. 2007. Marketing Research (International Edition), Prentice Hall Inc., Upper Saddle River, New Jersey.

Cooper & Schindler. 2006. Marketing Research. New York: The McGraw-Hill. Companies, Inc.

Cummins, J.(2004).Promosi penjualan. Jakarta: Binarupa aksara.

Engel, J., Blackwell, R., & Minniard, P.W. 2002. Penjualan Konsumen. Bina Rupa Aksara.Jakarta

Fandy Tjiptono, 2009. Strategi Pemasaran Jasa. Yogyakarta: CV. Andi

Fill, C. 2006. Marketing Communications-Engagement, Strategies & Practice.4th ed. FT-Prentice Hall Financial Times.

Gupta, P. B. A & Gould, S. J., 2007, “ConsumerPerceptions of The Ethics & Acceptability of Product Placement in Movies: ProductCategory & Individual Differences”. Journal of Current Issues & Research in Advertising, 20(Spring), pp. 47–59

Hakim, Budiman. 2004. Dasar-dasar kreatif periklanan. Yogyakarta: Galang Press

Hunt, Shelby D. and Robert M. Morgan 1993. “Marketing and comparative Advantage Theory of Competition,” Journal of Marketing, 59 (2): 1-15

Hurlock, E.B. 2008. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Penerbit Erlangga

Karrh, J.A. 1998. “Brand Placement: A Review”. Journal of Current Issues in Advertising, 20, 2,pp. 31–49

Kasali, Rhenald. 1999. Membidik Pasar Indonesia; Segmenting, Targeting, Penetapan Posisi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kerlinger, F.N. 2001. Foundations of Behavioral Reserch. Orlando : Harcourt College Publishers.

Kotler, P. & Keller K.L. 2007.Marketing Management.13th Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management, twelfth edition, New Jersey: Pearson Education, Inc.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2012. Principles of Marketing. Prentice Hall International, Inc: New Jersey

Kotler, Philip and Kevin L. Keller. 2009. Marketing Management 13th edition.Prentice Hall International, Inc: New Jersey

Kotler, Philip, 2008. Marketing Management, 12 ed , Prentice Hall

Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Prenada Media Group

Kuncoro, Mudrajad. 2009. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Kuswandi, Wawan. 1996. Komunikasi Massa (Sebuah Analisis Media Televisi). Jakarta : Rineka Cipta.

Loudon, D. L. dan Bitta, A. J. D., 2003.Consumer behavior, Concepts andApplications.Fouth edition. Singapore: McGraw-Hill

Malholtra, Naresh K. 2007. Marketing Research : An Applied Orientation. 5thed.Pearson Education, Inc. New Jersey

Malhotra, N. K., Birks, D. F. 2003. Marketing Research - Second European Edition. FT Prentice Hall.

Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman. 1992. Analisis data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press

Moleong. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Panda, T.K. 2004.Consumer Response to Brand Placement in Films: Role of Brand Congruity and Modality in Presentation in Bringing Attitudinal Change Among Consumers with Special References to Brand Placement in Hindi Films, South Asian Journal of Management, 11, 4, 7-25.

Rosengren, Wenner, dan Palmgreen. 1981. The model of uses and gratifications. London : Sage Publication

Rumambi. 2008. Faktor yang mempengaruhi sikap audience terhadap product / brand placement dalam acara tv. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 10. No.1, pp 50-65.

Severin, Warner J. & James W, Tankard, Jr. 2008. Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, & Terapan di Dalam Media Massa. Terjemahan Sugeng Hariyanto, Jakarta: Kencana

Solomon M.R. 2002. Consumer Behavior: Buying, Having and Being.

Sugiyono. 2007. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”. Bandung: Alfabeta.

Suyanto, M. 2005. Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing.Yogyakarta : Andi Offset.

Wells, William, John Burnett & Sandra Moriarty. 2006. Advertising: Principles and Practice. Fifth Edition. Prentice-Hall


Refbacks

  • There are currently no refbacks.