Analisa Retail Mix Terhadap Kepuasan Pelanggan di Toko 39 Semarang

Rony Harsono Adi Wijaya(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh retail mix terhadap kepuasan pelanggan Toko 39 Semarang. Sampel yang diteliti adalah pelanggan Toko 39 Semarang yang berada dilokasi sebanyak 110 responden dengan convenience sampling. Alat analisa yang digunakan untuk mengukur pengaruh retail mix terhadap kepuasan pelanggan Toko 39 Semarang adalah Analisis Deskriptif , uji t, uji F, perhitungan mean dan Analisa Regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel retail mix yang terdiri dari customer service, location, pricing, store design and display, merchandise assortments, dan communication mix di Toko 39 Semarang mempunyai pengaruh yang signifikan dan positif secara partial dan simultan terhadap kepuasan pelanggan. Kesimpulannya adalah variabel dari retail mix yang memiliki kontribusi paling besar dalam mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah customer service.

Keywords


retail mix; kepuasan pelanggan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Berman, B., & Evans J.R. (2010). Retail management: A strategic approach (11th ed.). New Jersey: Pearson Prentice Hall. [3] Dunne, Lusch, Griffith. (2002). Retailing (4th ed).New York : south-western, a division of thomson learning.

Dutka, Alan. (1994). AMA handbook for customer satisfaction: A complete guide to research, planning and implementation, (International Edition), Lincolnwood, Illinois : NTC Business Books.

Erica. (2009). Pengaruh atribut-atribut dari program pembinaan loyalitas pelanggan terhadap kepuasan dan kesetiaan pelanggan Toko. studi Kasus : New Matahari Club Card. Unpublished undergraduated thesis, Universitas Indonesia, Jakarta.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi analisis multivariat dengan program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Green, S. B. (1991). How many subjects does it take to do a regression analysis? Multivariate Behavioral Research, 26, 499–510. [8] Grewal, Dhruf, Michael Levy (2010). Marketing (2nd ed). New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Hamidi. (2007). Metode Penelitian Kualitatif Aplikasi Praktis Pembuatan Proposal Penelitian dan Laporan. Malang: UMM Press.

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. (2009). Marketing Management (13th ed). New Jersey: Upper Saddle River.

Levy and Weitz (2009). Retailing management (7th ed.). New York: McGraw Hill

Maholtra, N.K. (2004). Marketing Research, Fourth Edition. Prentice Hall: Pearson Education, Inc.

Malhotra, N. (2005). Riset Penelitan: Pendekatan Terapan. (Edisi Keempat) Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia

Mira Wirayantie. (2007). Pengaruh pelaksanaan bauran eceran terhadap loyalitas pelanggan pada toko swalayan tiara bandung. Unpublished undergraduated thesis, Universitas Indonesia, Jakarta.

Riduwan. (2006). Dasar-dasar statistika. Bandung: CV Alfabeta.

Simamora, B. (2004). Riset pemasaran: Falsafah, teori, dan aplikasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2005). Memahami penelitian kualitatif. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Memahami penelitian kualitatif. Bandung. Alfabeta.

Suliyanto. (2005). Analisis Data Dalam Aplikasi Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Utami, Widya Christina (2006). Manajemen Ritel (Strategi dan Implementasi Ritel Modern. Jakarta: Salemba Empat

Zeithaml, Valarie A., Mary Jo Bitner dan Dwayne D. Gremler. (2009). Services Marketing – Integrating Customer Focus Across The Firm (5th ed). New York: McGraw-Hill


Refbacks

  • There are currently no refbacks.