Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan PT MITRA 10 SURABAYA

Franky Susanto(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


“Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan PT Mitra 10 Surabaya”

Perkembangan usaha ritel bahan bangunan yang semakin pesat berimbas terhadap munculnya inovasi–inovasi dan penyempurnaan sistem yang kesemuanya itu bertujuan untuk mempertahankan pasar dan pelanggan dari Mitra 10 Surabaya. Untuk memenuhi tujuan tersebut, implementasi Customer Relationship Marketing oleh Mitra 10 Surabaya dilakukan dengan cara membangun nilai bagi pelanggan terutama mengandalkan tiga pendekatan yaitu Financial Benefit, Social Benefit dan Structural Ties. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Financial Benefit, Social Benefit dan Structural Ties terhadap loyalitas pelanggan di Mitra 10 Surabaya. Dari analisis regresi linier berganda disimpulkan bahwa ketiga variabel Customer Relationship Marketing tersebut di atas secara simultan berpengaruh signifikan sebesar 54.7% terhadap Loyalitas Pelanggan di Mitra 10 Surabaya, sedangkan sisanya yaitu 45.3% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Disimpulkan pula bahwa masing-masing variabel Customer Relationship Marketing dalam penelitian ini yaitu Financial Benefit, Social Benefit dan Structural Ties secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan di Mitra 10 Surabaya.


Keywords


"Relationship Marketing, Loyalitas Pelanggan"

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Alrubaiee and Nazer, et al. (2010). Investigate The Impact of Relationship Marketing Orientation on Customer Loyality : The Customer’s Perspective

Davey, Rod & Jacka Antony. (2001). How to be better at marketing. PT Elex Media Komputindo kelompok Gramedia.

Chan, Syafruddin. (2003). Relationship marketing: Inovasi pemasaran yang membuat pelanggan bertekuk lutut. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Cooper, dan Emory, D.R. 2006. Metode Penelitian Bisnis Jilid Satu. (5th ed). (Alih Bahasa) Ellen Gunawan & Imam Nurmawan. Jakarta: Erlangga.

Ford, et al. (2003). Relationship marketing (4th ed.). New York City: Mc Graw-Hill, Inc.

Graf and Perrien, et al. (2005). The Role Of Trust and Satisfaction In A Relationship : The Case Of High Tech Firms and Banks

Griffin, Jill. (1995). Customer loyality: How to earn it, how to keep it. Lexington Books, An Imprint of the Free Press.

Hadi, Sutrisno, 2006, Metodologi Research, 16th ed, Yogyakarta: Andi Offset.

Jasfar, Farida, 2004, “Kualitas Hubungan Dalam Jasa Penjualan: Pengaruh Hubungan Interpersonal Tenaga Penjualan Pada Perusahaan Asuransi Jiwa”. Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen, Vol 2. No. 3, September 2002.

Jhonson D. Michael. (1997). Customer orientation and market action. New Jersey: Prentice Hall International, Inc.

Kartajaya, Hermawan, (2002), Mark plus on strategy. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Keagan, Warren J., Moriarty E. Sandra, Duncan R.Thomas. (1995). Marketing (3rd) . New Jersey: Prentice Hall International Inc.

Kotler, Philip. (1996). Principle of marketing (7th ed.). New Jersey: Prentice Hall International, Inc.

Kotler, Philip. (1997). Marketing management: Analysis, planning, implementing, and control (9th ed.). Jakarta: PT Prehalindo.

Kotler, Philip. (2000). Marketing management. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Kotler, Philip. (2002). Manajemen pemasaran. Edisi Milenium. (Jilid 1). Jakarta: Penerbit Prehalindo.

Lovelock, Christopher H. (1996). Service Marketing (3rd ed.). Prentice Hall Inc.

Swastha, Basu, (1995). Asas-Asas Marketing edisi kedua. Jakarta: BPFE – UI.

Thio, et al. (2010). Analisis Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Restoran Cepat Saji

Stead, Steave. (2001). Customer relationship management delivering the benefits. Melville Terrace, Ross House.

Stone, M., Neil, W., Liz, M. (2001). The art of marketing, (Vol.8). New Delhi: Crest Publishing House.

Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Bisnis, Edisi Kelima, Bandung: CV. Alfabeta.

Utami, et al. (2008). The strengthening relationship outcome strategy in retail business in Indonesia.

Wagner, William, Michael Zubey. (2007). Customer relationship management: A people, process, and technology approach. Thomson Course Technology

Walter, et al. (2000). The Impact Of Satisfaction, Trust, and Relationship Value on Commitment


Refbacks

  • There are currently no refbacks.