Analisa Persepsi Konsumen Tentang Atribut Produk AMDK

Astriani Widjaja(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Meningkatnya kebutuhan AMDK di masyarakat dewasa ini, diikuti dengan pertumbuhan industri AMDK yang signifikan menyebabkan semakin ketatnya persaingan di bisnis AMDK. Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang AMDK, PT. Atlantic Biruraya dengan merek dagang Cheers harus memiliki keunggulan bersaing agar dapat bertahan. Atribut produk sebagai bentuk komunikasi dari perusahaan atas core benefit yang sama diantara pesaing sejenis, penting untuk menciptakan keunggulan bersaing dan perbedaan karakteristik antara produk AMDK yang satu dengan lainnya sehingga konsumen akhirnya memutuskan membeli produk AMDK Cheers.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa persepsi konsumen tentang Atribut Produk (kualitas produk, fitur produk, gaya & desain produk, harga produk, dan merek produk) AMDK pada warga Surabaya serta mengetahui atribut produk apa yang dipersepsikan berbeda diantara ketiga merek AMDK, yaitu Aqua, Ades dan Cheers. Penelitian ini dilaksanakan dengan menyebarkan kuesioner kepada 150 responden konsumen yaitu warga Surabaya yang pernah membeli berbagai macam merek produk AMDK, khususnya Aqua, Ades dan Cheers. Alat analisa yang digunakan untuk mengukur persepsi tentang Atribut Produk AMDK adalah analisa MANOVA two-ways repeated measures didukung dengan analisa deskriptif, tabel frekuensi, dan top two boxes.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan Aqua, Ades dan Cheers dipersepsikan berbeda pada kelima atribut produk. Dari penelitian ini, diketahui bahwa Aqua dipersepsikan lebih baik dari Cheers dan Ades dalam hal kualitas, fitur dan merek produk. Cheers dipersepsikan lebih baik dalam hal harga produk.

Keywords


Atribut produk, persepsi konsumen, kualitas produk, fitur produk, gaya & desain produk, harga produk, merek produk.

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A. (2004). Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Mitra Utama.

Angipora, M. P. (1999). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Revisi VI ed.). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bekti. (2009). Pentingnya Minum Air yang Cukup Setiap Hari. Retrieved Agustus 25, 2013, from Medica Store: http://www.medicastore.com

Blackwell, R. D., Miniard, P. W., & Engel, J. F. (2004). Perilaku Konsumen. Edisi Keenam. Jilid 2. Jakarta: Binarupa Aksara.

Durianto, D. (2004). Brand Equity : Strategi Memimpin Pasar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

FEB. (2012, November 7). 2013, Konsumsi Air Minum Kemasan Capai 21,78 Miliar Liter. Retrieved Agustus 25, 2013, from BeritaSatu.com: http://www.beritasatu.com

Goble, F. G. (2004). The Third Force: The Psychology of Abraham Maslow. Chapel Hill, North Carolina: Maurice Bassett Publishing.

Jalal, F. (2013, 7 17). 2013 Penduduk Indonesia Diperkirakan 250 Juta Jiwa. Retrieved 12 12, 2013, from Republika Online: http://www.republika.co.id

Kabarbisnis.com. (2012). Sosok Dibalik Kesuksesan Produk Air Minum Cheers. Retrieved September 19, 2013, from Kabar Bisnis: http://www.kabar-bisnis.com

Kotler, P. (2003). Manajemen Pemasaran. Edisi Kesebelas. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Jilid 1 dan 2. (H. Teguh, & R. A. Rusly, Trans.) Jakarta: PT. Prenhallindo.

Kotler, P. (1989). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran. (B. Molan, Trans.) Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, P. (2007). Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Pengendalian, Prentice Hall, Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, P. (2010). Principles Of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2004). Dasar- dasar Pemasaran. Edisi Kesembilan, Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks kelompok Gramedia.

Kotler, P., & Armstrong, G. (1997). Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2010). Principles Of Marketing (13th ed.). New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip - Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran (Edisi Kedua Belas), Cetakan Ketiga. Jakarta: PT. Indeks.

Linda. (2013). Industri Air Minum Dalam Kemasan Terus Menggeliat. Retrieved Agustus 25, 2013, from Bisnis Jabar: http://www.bisnis-jabar.com

Mustafid, & Gunawan, A. (2008). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kripik Pisang "Kenali" Pada PD Asa Wira Perkasa di Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Berkala Empat Bulanan , 123.

Peter, P. J., & Olson, C. J. (2005). Consumer Behaviour and Marketing Strategy. New York: Mc.Graw Hill.

Sarwono, J. (2005). Teori dan Praktik Riset Pemasaran dengan SPSS. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2007). Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Indeks.

Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen. Jakarta: Penerbit PT. Kencana Prenanda Media.

Sharma, S. (1996). Applied Multivariate Techniques. Canada: John Wiley & Sons, Inc.

Simamora, B. (2003). Membongkar Kotak Hitam Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Simamora, B. (2001). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel (1st ed.). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Simamora, B. (2004). Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Utama.

Simamora, H. (2000). Manajemen Pemasaran Internasional. Jakarta: Salemba Empat.

Solimun, I. (2002). Statsitika Penelitian. Yogjakarta: Tarsito.

Sudjana, N. (2005). METODE STATISTIKA. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alphabeta.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono, S. (2007). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Supranto, J., & Limakrisna. (2007). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran untuk Memenangkan Persaingan Bisnis. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Susanto, A. B., & Wijarnako, H. (2004). Power Branding: Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya. Jakarta: PT. Mizan Publika.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran (3rd ed.). Yogyakarta: Andi.

Umar, H. (2002). Metode Riset Bisnis. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.