PENGARUH SALES PROMOTION DAN PERCEIVED FOOD QUALITY TERHADAP PERILAKU PASCA PEMBELIAN PADA PLATFORM PESAN ANTAR GRABFOOD EFEK MODERASI: FOOD ETNHUSIASTS

Griffin Ezar(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar belakang:  Platform pengiriman makanan saat ini menjadi tren yang meningkat, mengubah cara konsumen mengevaluasi dan membeli makanan pilihan sesuai keinginan mereka.  Berbeda dengan masa lalu, jarak antara konsumen dengan makanan favoritnya saat ini berada di ujung jari.  Menariknya, tidak banyak penelitian yang dilakukan untuk lebih memahami fenomena tersebut. 

Tujuan:  Penelitian ini merupakan upaya awal untuk menganalisis perilaku pasca pembelian di platform food delivery dengan menggunakan persepsi kualitas makanan dan promosi penjualan sebagai anteseden.  Kami juga menyelidiki apakah menjadi pecinta makanan memiliki peran moderat dalam hubungan.

 Metode: Data berasal dari 100 pengguna Grabfood di Surabaya.  OLS akan digunakan untuk menganalisis pengaruh persepsi kualitas makanan dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian di Grabfood, salah satu dari tiga platform pesan-antar makanan terbesar di Indonesia.  Selanjutnya, efek interaksi dengan menjadi pecinta makanan diperkenalkan ke dalam model.  Ini harus menginformasikan apakah menjadi pecinta makanan atau tidak memperkuat efek kualitas makanan yang dirasakan dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian di Grabfood.  Sebuah diskusi tentang  hasil akan mengikuti setelah bersama dengan dampak manajerial langsung sebagai fokus utama.

Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sales Promotion tidak berpengaruh terhadap perilaku pasca pembelian, Perceived Food Quality berpengaruh positif terhadap perilaku pasca pembelian dan Food  enthusiast tidak memiliki sifat moderasi pada pengaruh bahwa Sales Promotion dan Perceived Food Quality terhadap perilaku pasca pembelian pada platform pesan antar makanan Grabfood.


Keywords


: sales promotion, perceived food quality, post purchase behavior, food enthusiasts

References


Anderson, A. L., Harris, T. B., Tylavsky, F. A., Perry, S. E., Houston, D. K., Hue, T. F., … Sahyoun, N. R. (2011). Dietary patterns and survival of older adults. Journal of American Dietetic Association, 111(1), 84–91.

Blackwell, R.D., Miniard, P.W. and Engel, J.F. (2001), Consumer Behavior, 9th ed., South-Western Thomas Learning, Mason, OH

Bloch. (1986). The Product Enthusiast : Implications for Marketing Strategy. Journal of Consumer Marketing, 3(3), 51-62.

Catriana, E. (2021, 3 3). Kompas. Retrieved 6 6, 2022, from Kompas.com: https://money.kompas.com/read/2021/03/03/170700726/mengintip-cara-kerja-grabfood-merekomendasikan-makanan

Chaipradermsak, T. (2007), “The influential factors on consumers’ purchasing decision in Bangkok pet retailing business”, MBA Thesis, Shinawatra University

Essinger, J. &., & Helen. (2003). Customer loyalty: Devising successful strategies in food and drink.

Ghozali,I.(2015).Aplikasi Analisis Multivariete IBM SPSS .Semarang:Universitas Diponegoro.

Ha, J. & Jang, S. 2010. ‘Effects of service quality and food quality: the moderating role of atmospherics in an ethnic restaurant segment’, International Journal of Hospitality Management, 29(4): 520–529.

Hanasyha, Jalal. (2018). An examination of the factors affecting consumer’s purchase decision in the Malaysian retail market. PSU Research Review Emerald Publishing Limited 2399-1747

Konuk, Faruk. (2019). The influence of perceived food quality, price fairness, perceived value and satisfaction on customers’ revisit and word-of-mouth intentions towards organic food restaurants. Journal of Retailing and Consumer Services, 50, 103-110.

Kotler, P. and Keller, K.L. (2012), Marketing Management, 14th ed., Pearson Education Limited, Upper Saddle River, NJ

Kotler, P.,Wong,V., Saunders, J. and Armstrong,G.(2004),Principles ofMarketing, 4th ed., PrenticeHall,NJ

Kotler, P. &., & Lane, K. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Erlangga.

Moreo, Andrew., Mark, T & Srikanth, B. (2020). Food enthusiasts: A behavioral typology. Food Quality and Preference, 96, 104369.

Mullin, R. and Cummins, J. (2010), Sales Promotion: How to Create, Implement and Integrate Campaigns That Really Work, 4th ed., Kogan Page Publishers

Namkung, Y., Jang, S., 2007. Does food quality really matter in restaurant: its impact of customer satisfaction and behavioral intentions? Journal of Hospitality and Tourism Research 31 (3), 387–410

Nugraha, W. F., & Oktafani, F. (2019). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian GrabFood di Jabodetabek. e-Proceeding of Management .

Respati, S. (2021, 09 21). Laporan GrabFood: Pandemi Ubah Cara Masyarakat Nikmati Makanan dan Minuman Favorit. Retrieved 6 6, 2022, from Kompas.com: https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/21/201618620/laporan-grabfood-pandemi-ubah-cara-masyarakat-nikmati-makanan-dan-minuman?page=all

Robinson, R. N. S., & Getz, D. (2013). Food enthusiast and tourism: Exploring food involvement dimensions. Journal of Hospitality & Tourism Research, 40(4), 432–455

Ryu, K., Lee, H. & Kim, W.G. 2012. ‘The influence of the quality of the physical environment, food, and service on restaurant image, customer perceived value, customer satisfaction, and behavioral intentions’, International Journal of Contemporary Hospitality Management, 24(2): 200–223.

Schiffman, L.G. and Kanuk, L.L. (2007), Consumer Behavior, 9th ed., Prentice-Hall, NJ

Stanton, W.J., Etzel, M.J. and Walker, B.J. (2007), Marketing, 14th ed., McGraw-Hill, Irwin

Sugianto, J., & Sugiharto, S. (2013). Analisa Pengaruh Service Quality, Price Quality dan Price Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Yung Ho Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra .

Sugiyono.(2016).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: CV Alfabeta

Tjiptono, F. (2005). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.

Umar.(2003).Metodologi Penelitian Aplikasi Dalam Pemasaran Ed II.Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama

Yanurianto. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan (Sales Promotion) Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Kharisma Bukit Permata Indah. Jurnal Ekonomi Efektif .

Yuan, J. J., So, S. I., & Chakravarty, S. (2005). To wine or not to wine: Profiling a wine enthusiast for a successful list. Journal of Nutrition in Recipe & Menu Development, 3(3- 4), 62–79.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.