ANALISA PENGARUH DIIGTAL MARKETING TERHADAP CUSTOMER LOYALTY MELALUI ONLINE PROMOTION DAN E-SERVICE QUlALITY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP TOKOPEDIA

Jasper Evan Prajogo(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kemajuan teknologi,internet,dan media sosial yang dapat meningkatkan kemajuan jumlah layanan digital di Indonesia. Salah satunnya adalah pelayanan pembelian produk secara online yang semakin digemari oleh masyarakat. Cepat, praktis,dan mudah digunakan  aplikasinya sehingga membuat banyak orang yang suka mengunakan layanan jasa ini. Tokopedia merupakan salah satu layanan tempat pembelian produk secara online  yang aktif dalam melakukan strateg Digital Marketing yang dapat menjagkau generasi Z dan milenial  yang menjadi target pasar dari Tokopedia.Digital marketing  ini  juga didukung oleh Online Promotion dan juga pemberian pada E-Service Quality yang sangat baik sehingga membuat Customer Loyalty  oleh pelanggan Tokopedia.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi pengaruh Digital marketing terhadap Customer Loyalty melaui Online Promotion dan E-Service Quality sebagai Variabel intervening terhadap Tokopedia hasil penelitian ini menunjukan bahwa Digital Marketing memiliki pengaruh positif  terhadap online promotion dan E-Service Quality begitu juga dengan Online Promotion dan E-Service Quality  yang memiliki pengaruh positif terhadap Customer Loyalty . Penelitian ini dilaksanakan dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 120 responden  yang merupakan pelanggan Tokopedia yang gunakan penelitian ini adalah teknik Kuantitatif dengan metode Path analysis

 


Keywords


Digital Marketing,Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS) – Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam penelitian bisnis (Cetakan 1). Yogyakarta: Penerbit Andi. AndrianOnline Promotion,E-Service Quality,Customer Loyalty

Full Text:

PDF

References


Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS) – Alternatif Structural Equation

Modeling (SEM) dalam penelitian bisnis (Cetakan 1). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Andriani Kusumawati, Selvy Normasari, dan Srikandi Kumadji.2013.Jurnal Administrasi Bisnis. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN, CITRA PERUSAHAAN DAN LOYALITAS PELANGGAN. Vol 6 no 2

Campbell, Damon E and Ryan T Wright. (2008). Understanding the Role of Relevance and Interactivity on Costumer Attitudes. Journal of Electronic Commerce Research, Vol. 9, No. 1, h. 62-76.

Chaang-Iuan Ho, Yi-Ling Lee, The development of an e-travel service quality scale, Tourism Management 28 (2007) 1434–1449

Chusnul Rofiah dan Dwi Whyuni. 2017. Kualitas Pelayanan dan Pengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan Yang DI Mediasi Oleh Kepuasan Di Bank Muamalat Jombang. Vol 12 no 1

Debby.A., &Mohamad Trio,F. (2018).Jurnal Manajemen Dewantara. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Vol 1 no 2

Dharmayanti, D. dan Indra Liesander. PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP ORGANIZATIONALPERFOMANCE DENGAN INTELLECTUAL CAPITAL DAN PERCIEVED QUALITY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA INDUSTRI HOTEL BINTANG LIMA DI JAWA TIMUR.

Kim, E.-Y. and Kim, Y.-K. (2004) Predicting Online Purchase Intentions for Clothing Products. European Journal of Marketing, 38, 883-897. http://dx.doi.org/10.1108/03090560410539302

Giuffrida, M., Mangiaracina, R., Perego, A., & Tumino, A. (2017). Cross-border B2C e-commerce to Greater China and the role of logistics: a literature review. International Journal of Physical Distribution & Logistics Management, 47(9), 772–795. https://doi.org/10.1108/ijpdlm-08-2016-0241

Hair Jr, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C., & Sarstedt, M. (2016). A primer on partial least squares

structural equation modeling (PLS-SEM). Sage publications.

Hansel Jonathan, ANALISIS PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION YANG BERDAMPAK PADA CUSTOMER LOYALTY PT BAYU BUANA TRAVEL TBK, Journal The WINNERS, Vol. 14 No. 2, September 2013: 104-112

Idris, M. (2021, September 11). Pengertian E-commerce dan Bedanya dengan Marketplace Halaman all - Kompas.com. KOMPAS.Com. Retrieved March 7, 2022, from https://money.kompas.com/read/2021/09/11/191943626/pengertian-e-commerce-dan-bedanya-dengan-marketplace?page=all

Iqbal, M. (2021, April 22). Bukan Shopee, Ini Juara Marketplace RI di Kuartal I/2021. CNBC Indonesia. Retrieved March 7, 2022, from https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210421232912-37-239796/bukan-shopee-ini-juara-marketplace-ri-di-kuartal-i-2021

Komara, A. (2013). Jurnal Ekonomi, Bisnis& Entrepreneurship. PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN E-RECOVERY SERCVICE QUALITY TERHADAP E-SASTIFACTION SERTA IMPLIKASINYA PADA E-LOYALTY PELANGGAN MASKAPAI PENERBANGAN AIR ASIA. Vol 7 no 2

Malhotra, N. K., Nunan, D., & Birks, D. F. (2017). Marketing research: An applied approach.

Pearson Education Limited.

Risa Ratna Gumilang. (2019). Jurnal Ilmiah Manajemen. Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatkan Penjualan Hasil Home Industry. Vol 10 no1

Simamora, B. (2002). Panduan Riset Perilaku Konsumen. PT. Gramedia Pustaka Utama

Sugiyono. (2007). Statistika untuk penelitian (Cetakan 10). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan : Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D

Sugiyono. Alfabeta. https://opac.ut.ac.id/detail-opac?id=37688

Umami zakiya & Gede Sri Darma. (2021). DIGITAL MARKETING: ENGAGING CONSUMER WITH SMART DIGITAL MARKETING CONTENT. Vol 23 no 2

Taat Kuspriyono, 2017, Pengaruh Promosi Online dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Merek Sariayu Martha Tilaar, Perspektif, Vol. XV, No. 2, September 2017

Zhu, W., Yan, R., & Ding, Z. (2020). Analysing impulse purchasing in cross-border electronic commerce. Industrial Management & Data Systems, 120(10), 1959–1974. https://doi.org/10.1108/imds-01-2020-0046


Refbacks

  • There are currently no refbacks.