Analisa Pengaruh Dimensi Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Midtown Hotel Surabaya

Devonalita Agusli(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana dimensi ekuitas merek mempengaruhi minat beli konsumen terhadap Midtown Hotel Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor dari ekuitas merek yang mampu mempengaruhi minat beli tersebut. Secara teoritik, dimensi ekuitas merek mampu membentuk minat beli konsumen jika produsen mampu menjaga dan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap merek tersebut. Adapun empat dimensi yang akan diteliti dari ekuitas merek, yaitu brand awareness, brand association, perceived quality, dan brand loyalty terhadap minat beli konsumen Midtown Hotel Surabaya. Penelitian ini dilakukan di Surabaya dengan 100 orang responden. Kuisioner didesain menggunakan skala likert dan dianalisis dengan menggunakan analisa regresi linear. Hasil peneltian ini menunjukkan bahwa Ekuitas memiliki pengaruh terhadap buying intention. Akan tetapi, hanya Brand Awareness, Perceived Quality, dan Brand Loyalty yang memiliki pengaruh signifikan.

Keywords


Minat beli, Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality, Brand Loyalty, Midtown Hotel Surabaya

Full Text:

PDF

References


Arcana, N. (1993). Interpretasi Regresi dan Korelasi Berganda. Surabaya: Universitas Katolik Widya Mandala.

Atkinson, A. F. (2007). Health, disability, caring, and employment : longitudinal anaysis. DWP Research

Aaker, D. (1996). Building Strong Brands. New York: The Free Press.

Aaker, D. A. (1996). Measuring Brand Equity Across Product and Market. California Management Review, Vol 38 No. 3, 102-121.

Arikunto, S. (1997). Prosedur Penelitian, Edisi: Revisi 4. Yogyarta: Penerbit Rineka Cipta.

Engel, J., R. B. (2006). Perilaku Konsumen (Sucipto Trans). Jakarta: Binarupa Aksara.

Keller, K. L. (2003). Strategic Brand Management. Prentice - Hall.

Lane, V. and Jacobson, R. (1995). Stock Market Reactions to Brand Extension Announcements: The Effects of Brand Attitude and Familiarity. Journal of Marketing, Vol. 59 No.1, 63-77

Malhotra, N. K. (2005). Riset Pemasaran : Pendekatan Terapan, Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks.

Monroe, K. B. (1990). Pricing: Making Profitable Decisions (2nd ed.). New York: McGraw-Hill.

Rangkuti, F. (2004). The Power of Brands. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Singarimbun M, dan Sofian Effendi (1995) Metode Penelitian Survey, Jakarta, LP3ES Indonesia

Smith, D.J., N. G. (2007). An Analysis of Brand Equity Determinants: Gross Profit, Advertising, Research, and Development. Journal of Business and Economics Research Vol. 5 No. 11, 103 - 116.

Susanto, W. (2004). Power Branding. Bandung: Quantum.

The New Encyclopedia Britannica (2004). MICROPAEDIA Ready Reference, Founded 1768, (Fifteenth ed.), Chicago: Encyclopaedia Britannica, Inc. ISBN 0-85229-787-4

Widiyanto, I. (2008). Metodologi Penelitian. Semarang: Pointers.

Yoo B., N. D. (2000). An Exemination of Selected Marketing Mix Elements and Brand Equity. Journal of Academy of Marketing Science Vol. 28, No.22, 195 - 211.

Zeithaml V.A., M. B. (2006). Services Marketing (4th edition). New York: Mc. Graw-Hill.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.