Pengaruh Investment Opportunities, Kepemilikan Manajerial dan Ketersediaan Kas Terhadap Metode Pembayaran Merger dan Akuisisi

Tiffani Irawan(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh investment opportunities, kepemilikan manajerial dan ketersediaan kas terhadap metode pembayaran merger dan akuisisi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang melakukan merger dan akuisisi yang terdaftar di Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) tahun 2010-2014. Untuk memperoleh hasil penelitian yang valid, teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa investment opportunities, kepemilikan manajerial dan ketersediaan kas berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap metode pembayaran. Investment opportunities dan ketersediaan kas secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap metode pembayaran. Sedangkan kepemilikan manajerial berpengaruh signifikan terhadap metode pembayaran menggunakan saham.

This study aims to determine the influence of investment opportunities, managerial ownership and cash availability on method of payment in merger and acquisition. Sample which is used for this research is bidding companies listed on Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) during 2010-2014 and selected by purposive sampling method. The method of data analysis is done by using logistic regression. The results show that investment opportunities, managerial ownership and cash availability together have significant effect on method of payment. Investment opportunities and cash availability partially have no significant effect on method of payment. While managerial ownership have significant effect of method of payment using equity.


Keywords


Cash Availability, Investment Opportunities, Managerial Ownership, Method of Payment, Logistic Regression

Refbacks

  • There are currently no refbacks.