Pengaruh Financial Knowledge dan Personal Attitude terhadap Perilaku Penggunaan Kartu Kredit pada Wanita

Michelle Trifena Hartono(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penggunaan kartu kredit tahun-tahun terakhir ini terus meningkat. Hal ini disebabkan oleh banyaknya kemudahan seperti promo yang dapat menarik konsumen untuk menggunakannya. Meski banyaknya kemudahan yang ditawarkan tetapi dalam penggunaannya dibutuhkan financial knowledge yang tinggi dan personal attitude yang positif sehingga penggunaan kartu kredit bisa didasarkan pada kebutuhan yang penting dan sesuai dengan keadaan keuangan masing-masing nasabah. Tujuan pembuatan skripsi ini yaitu untuk meneliti pengaruh financial knowledge dan personal attitude terhadap perilaku penggunaan kartu kredit pada wanita. Sampel yang digunakan berjumlah 200 responden yang terdiri dari 100 wanita karier dan 100 ibu rumah tangga yang berdomisili di Surabaya. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Metode analisis data dilakukan menggunakan PLS  dan independent sample t-test. Hasil analisis ini menunjukkan financial knowledge dan personal attitude memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku pembayaran kartu kredit. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan perilaku penggunaan kartu kredit antara wanita karier dan ibu rumah tangga.

Credit card use has increased every year. It’s because of many conveniences such as promotion to attract consumers to use credit card. Although,  many conveniences offered but its use is required high financial knowledge  and a positive personal attitude so that the use of credit card based on cusumer’s need and personal economic situation. This research  aims to determine the effect of financial knowledge and personal attitude towards the use of credit cards in women. The samples using the 200 respondents consist of 100 career’s woman and 100 housewife in Surabaya. Data were collected using a questionnaire. The technique used is the analysis of Partial Least Square  (PLS) and independent sample t-test. The results of this research showed financial knowledge and personal attitude has significant effects on the credit card usage behavior. The analysis also shows that the difference credit card usage behavior between career woman and housewife.


Keywords


Career Woman, Credit Card Usage Behavior, Financial Knowledge, Housewife, Personal Attitude

Refbacks

  • There are currently no refbacks.