Pengaruh Penerapan Enterprise Risk Management daPengaruh Financial Literacy dan Faktor Sosiodemografi Terhadap Perilaku Konsumtif

Felicia Claresta Harli(1*), Nanik Linawati(2), Gesti Memarista(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh Financial Literacy dan faktor sosiodemografi terhadap Perilaku Konsumtif para mahasiswa fakultas keuangan dan non keuangan di Univeristas Kristen Petra Surabaya. Sampel yang digunakan berjumlah 136 mahasiswa fakultas ekonomi dan 137 mahasiswa fakultas non ekonomi di Univeristas Kristen Petra Surabaya. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik. Hasil analisis ini menunjukkan financial literacy dan usia berpengaruh negatif signifikan terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan mahasiswa non Fakultas Ekonomi. Sedangkan Jenis kelamin tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi dan non Fakultas Ekonomi. Pendapatan berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiwa Fakultas Ekonomi dan non Fakultas Ekonomi. Terdapat perbedaan financial literacy antara mahasiswa Fakultas Ekonomi dan non Fakultas Ekonomi. Terdapat perbedaan perilaku konsumtif antara mahasiswa Fakultas Ekonomi dan non Fakultas Ekonomi.


Keywords


Financial Literacy, Usia, Jenis Kelamin, Pendapatan, Perilaku Konsumtif

Full Text:

 Subscribers Only

Refbacks

  • There are currently no refbacks.