PENGARUH JARINGAN BISNIS DAN OPTIMISME TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN PELUANG BISNIS PADA CELL GROUP PRO M GEREJA MAWAR SHARON SURABAYA
(1) Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author
Abstract
Setiap wirausahawan dituntut untuk mampu melihat peluang dalam bisnis. Banyak faktor yang dapat mendorong seorang wirausahawan untuk memiliki kemampuan menemukan sebuah peluang dalam bisnis. Seorang wirausahawan yang memiliki banyak jaringan cenderung akan lebih mudah dalam menemukan sebuah peluang dalam berbisnis. Selain itu, peluang bisnis juga dapat ditemukan seorang wirausahawan jika memiliki rasa optimis yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jaringan dan optimisme terhadap kemampuan menemukan peluang bisnis pada Komunitas Professional Muda (Pro M) Gereja Mawar Sharon Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah jemaat pada Gereja Mawar Sharon sebanyak 1500, sedangkan sampel yang diteliti sebanyak 94 orang. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dengan bersumber dari data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis SEM menggunakan program PLS. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Jaringan berpengaruh signifikan dan positif terhadap kemampuan menemukan peluang bisnis, sehingga semakin banyak jaringan yang dimiliki maka akan semakin tinggi kemungkinan menemukan peluang bisnis; (2) Optimisme berpengaruh signifikan dan positif terhadap kemampuan menemukan peluang bisnis, sehingga semakin tinggi optimisme maka akan semakin tinggi juga kemungkinan menemukan peluang bisnis.
Keywords
Jaringan; Optimisme; Kemampuan Menemukan Peluang Bisnis
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.