PERILAKU PERUSAHAAN DALAM MENERAPKAN MODAL SOSIAL PADA UD. SASAKU

Virgina Setiawan(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku penerapan modal sosial UD. Sasaku. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada informan kunci, yang terdiri dari: pemilik, pemasok, karyawan, dan pelanggan UD. Sasaku. Uji keabsahan data dilakukan menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa UD. Sasaku telah melakukan modal sosial pada fase start-up dan growth yang terdiri dari tiga dimensi yaitu: (1) kepercayaan (2) norma, dan (3) jaringan. Pada fase start-up, UD. Sasaku telah membangun kepercayaan mulai dari karyawan, pemasok, hingga pelanggan, norma dilakukan dengan menjalin hubungan secara kekeluargaan antar karyawan, sedangkan jaringan yang dibentuk dengan menjalin kerjasama berbagai pihak, mulai jaringan dengan pemasok fashion hingga agen perjalanan. Pada fase growth, kepercayaan diberikan dengan melakukan pemantauan terhadap pegawai, norma dijalankan dengan menepati semua janji yang telah diberikan, sedangkan jaringan dibentuk dengan mengatasi semua konflik secara kekeluargaan.

Keywords


Fase Start-up, Fase Growth, Modal Sosial, Kepercayaan, Norma, dan Jaringan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.